ANALISIS TRADISI PRAKTIK JUAL BELI SINGKONG SECARA BORONGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kota Metro)

REZA, FITRI LESDIANA (2022) ANALISIS TRADISI PRAKTIK JUAL BELI SINGKONG SECARA BORONGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kota Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI REZA FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia merupakan mahluk sosial yang mana di antara manusia satu dengan yang lainnya saling membutuhkan, serta dalam setiap waktu nya manusia tidak lepas dari kegiatan muamalah yaitu jual beli. Jual beli merupakan transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yakni tukar menukar harta dengan harta berupa barang dengan uang yang dilakukan secara suka sama suka dengan akad tertentu dengan tujuan untuk memiliki barang tersebut. Tradisi praktik jual beli yang dilakukan di Kelurahan Banjarsari belum bisa dipastikan kebolehannya menurut Perspektif Ekonomi Islam yakni menjual singkong yang masih berada di dalam tanah dengan menentukan jumlah hasil panen nya dicabut secara acak dan tidak ditimbang, melainkan menggunakan sistem taksiran berdasarkan kualitas dan kuantitas. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana mekanisme tradisi praktik jual beli singkong secara borongan di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kota Metro? (2) Bagaimana pandangan Ekonomi Islam mengenai jual beli singkong secara borongan di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kota Metro? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang mana menggunakan data primer. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode wawancara dengan petani dan pemborong singkong di Kelurahan Banjarsari dan dokumentasi dilakukan oleh petani dan pemborong singkong. Setelah data penelitian terkumpul selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme tradisi jual beli singkong secara borongan di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara Kota Metro yaitu pada saat singkong sudah memasuki panen, petani akan menawarkan singkongnya ke pemborong singkong. Kemudian pemborong akan datang ke lokasi lahan yang ditanami singkong dengan melakukan penaksiran, penaksiran ini dilakukan oleh pemborong singkong dan petani. Pemborong akan mengelilingi lahan singkong dan mencabut beberapa singkong secara acak sebagai sampel untuk melihat kualitas dan kuantitas untuk memperkirakan jumlah hasil panen singkong tersebut. Ketika sudah di lakukan penaksiran, maka penaksiran tersebut yang akan dijadikan untuk menentukan harga singkong milik petani. Selanjutnya ketika sudah terjadi kesepakatan harga, ijab qabul pun dilakukan, pemborong akan memberikan sejumlah uang hasil panen ke petani setelah proses pemanenan selesai. Dalam kegiatan jual beli ini menggunakan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yakni dengan sikap adil, jujur, amanah, suka sama suka, serta mengenai pendapatannya antara pemborong dan petani saling menguntungkan. Mengenai objek jual beli yang berada di dalam tanah terdapat gharar ringan yang tidak dapat dipisahkan darinya kecuali dengan kesulitan. Berdasarkan hal tersebut maka gharar yang terkandung dalam tradisi praktik jual beli secara borongan di Kelurahan diperbolehkan dalam Islam. Kata Kunci : Jual beli, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:14
Last Modified: 06 Dec 2022 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21937

Actions (login required)

View Item View Item