EKSPERIMENTASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

YOAN, FEBRIAN (2022) EKSPERIMENTASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOAN FEBRIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh e-learning berbasis moodle dengan pendekatan realistik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung tahun ajaran 2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model e-learning berbasis moodle dengan pendekatan realistik dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran berbantuan whatsapp dan g-meet / zoom meet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA berbantuan aplikasi SPSS 25.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran e�learning berbasis moodle dengan pandekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis mahasiswa. Kata Kunci : Berpikir Kritis, E-learning, Komunikasi Matematis, Moodle, realistik. iii ABSTRACT This study aims to find out whether there is an effect of Moodle�based e-learning with a realistic approach to improving students' critical thinking and mathematical communication skills. This research is a Quasy Experiment Design research. The population of this study is the second semester students of Mathematics Education UIN Raden Intan Lampung for the 2021 academic year. The sampling technique in this study uses a cluster random sampling technique, namely class A as an experimental class by applying a moodle-based e-learning model with a realistic approach and class B as an experimental class. control class with whatsapp-assisted learning model and g-meet/zoom meet. Data collection techniques used are test questions to measure students' critical thinking and mathematical communication skills. The data analysis technique used is the MANOVA test assisted by the SPSS 25.0 application. Based on the results of hypothesis testing that has been carried out, it can be concluded that there is an effect of the Moodle-based e�learning learning model with a realistic approach to improve students' critical thinking and mathematical communication skills. Keywords: Critical Thinking, E-learning, Mathematical Communication, Moodle, realistic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:12
Last Modified: 06 Dec 2022 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21935

Actions (login required)

View Item View Item