PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DENGAN RELIGIOUS BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Studi Kasus Pada Produk Pembiayaan Murabahah BMT Assyafi’yah Berkah Nasional Kantor Cabang Sukoharjo)

DWI, RAHMAWATI (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DENGAN RELIGIOUS BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Studi Kasus Pada Produk Pembiayaan Murabahah BMT Assyafi’yah Berkah Nasional Kantor Cabang Sukoharjo). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam mengembangkan usaha kecil dan menengah masyarakat khususnya Kecamatan Sukoharjo mengalami kesulitan dalam mengakses lembaga pembiayaan seperti perbankan umum yang cukup sulit untuk dijadikan tempat alternatif mendapatkan modal usaha. Hadirnya BMT ditengah masyarakat memberikan solusi untuk para pelaku usaha kecil dan menengah sebagai salah satu jalan mengembangkan usahanya. Kehadiran BMT muncul dengan membawa prinsip-prinsip syariah yang terbebas dari unsur riba yang dilarang dalam Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan dengan akad murabahah di BMT Assyafi‘iyah dengan religious behavior sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 77 responden serta menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS Versi 23.0 dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrument (uji reliabilitas dan uji validitas), uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heteroskedasitas, dan uji normalitas), uji statistik (uji koefisien determinasi (R2 ), uji Ftest, dan uji Ttest), dan Uji Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, secara parsial menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan (0,000 < 0,05), promosi berpengaruh positif dan signifikan (0,000 < 0,05), kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan murabahah. Secara simultan kualitas produk, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan (0,000 < 0,05). Selain itu, pada uji MRA menunjukan bahwa religious behavior tidak memoderasi kualitas produk terhadap keputusan anggota (0,214 > 0,05), religious behavior mampu memoderasi promosi terhadap keputusan anggota (0,040 < 0,05), dan religious behavior tidak memoderasi kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan dengan akad murabahah. Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:10
Last Modified: 06 Dec 2022 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21934

Actions (login required)

View Item View Item