ANALISIS SYARI’AH VALUE ADDED APPROACH SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN DENGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di (JII) Jakarta Islamic Index Tahun 2015-2019)

Ayip, Alkadfi (2022) ANALISIS SYARI’AH VALUE ADDED APPROACH SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN DENGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di (JII) Jakarta Islamic Index Tahun 2015-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYIP ALKADFI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja keuangan perusahaan dapat menunjukkan efektifitas dan efisien suatu organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Efektifitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memilih tujuan yang tepat. Efisiensi menunjukkan perbandingan antara masukan dan keluaran yaitu denganmasukan tertentu memperoleh keluaran yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penjelasan proses analisis syari’ah value added approach sebagai alat ukur kinerja keuangan pada perusahaan yang terdaftar di (JII) Jakarta Islamic Index Tahun 2015-2019 yang diuji dengan secara parsial, simultan, dan dilengkapi dengan relevansinya menurut perspektif ekonomi Islam. Metode pada penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan suatu metode penelitian yang didasarkan pada data yang dapat dihitung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara mengeksplorasi informasi melalui pengumpulan data-data dalam berbagai jenis terutama data sekunder dari suatu instansi pemerintahan ataupun suatu perusahaan. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa variabel pada value added approach memiliki penjelasan dan standar yang berbeda-beda terhadap kinerja keuangan yang dipengaruhi oleh beberapa aturan dan prinsip dari rasio itu sendiri. Hasil penelitian ini juga didasarkan analisis data yang dihasilakan menggunakan bantuan SPSS version 22.00 for windows, pengaruh variabael value added approach secara simultan terhadap kinerja keuangan (Y). Hasil uji Simultan menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 4,182. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabael value added approach secara simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan (Y). Hasil tersebut diperjelas dengan prinsip dan perspektif ekonomi Islam bahwa perusahaan yang mempunyai rasio tinggi akan menyukai perusahaan dengan modal sendiri. Aturan-aturan tersebut didasarkan pada kitab Al-quran dan Hadist yang sebagaimana mestinya. Perusahaan yang baik merupakan perusahaan yang dapat mengelola secara akurat yang sudah disesuaikan dengan faktor-faktor pendukungnya seperti variabel value added approach diantaranya ROI, ROE dan NPM. Kata Kunci: Value Added Approach, Kinerja Keuangan, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:07
Last Modified: 06 Dec 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21933

Actions (login required)

View Item View Item