MEKANISME RESTRUKTURISASI UTANG MELALUI LELANG BARANG JAMINAN GUNA PEMBIAYAAN MIKRO MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus BSI Kcp Tugumulyo 1 Kabupaten Ogan komering Ilir Sumatera Selatan)

HABIBATUL, AZIZAH (2022) MEKANISME RESTRUKTURISASI UTANG MELALUI LELANG BARANG JAMINAN GUNA PEMBIAYAAN MIKRO MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus BSI Kcp Tugumulyo 1 Kabupaten Ogan komering Ilir Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL_HABIBATUL AZIZAH.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_HABIBATUL AZIZAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan merupakan kegiatan utama Bank untuk menyalurkan dana kepada nasabah yang tidak terlepas dari risiko gagal bayar yang biasa disebut pembiayaan bermasalah pembiayaan dapat berjalan lancar sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Namun sangat jarang dijumpai adanya bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah pembayaran yang tidak lancar maupun macet. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan dua sumber yaitu primer dan skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat yang pertama, dengan cara peubahan jadwal (resecheduling) dan persyatan kembali (reconditioning). Dengan prosedur tersebut bertujuan untuk mengatasi permasalahan pembiayaan bermasalah yang tergolong kurang lancar dan macet. Menurut pihak BSI KCP Tugumulyo 1 restrukturisasi dilakukan dengan tujuan agar nasabah dapat menyelesaikan sisa kewajibanya tetapi dalam melaksanakan restrukturisasi pun tidak merubah nasabah untuk memenuhi kewajibanya terhadap Bank sudah dilakukan dengan cara bermusyawarah dengan cara pemanggilan kepada nasabah bermalah tetapi tidak ada titik temunya sedangkan menurut ekonomi islam meliputi 1). Al-sulh (perdamaian), 2).at-thakim (penyelesaian masalah), 3). Al-qadha. Kata kunci: Pembiayaan bermasalah, Murabahah, Restrukturisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:05
Last Modified: 06 Dec 2022 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21931

Actions (login required)

View Item View Item