ANALISIS EFEKTIVITAS PERAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada BLK Barokah Lampung Timur angkatan 2019-2021)

RANI, AIDA SARI (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PERAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada BLK Barokah Lampung Timur angkatan 2019-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia memiliki peran penting pada setiap kegiatan dalam suatu lembaga memerlukan peningkatan atau pengembangan agar dapat mencapai suatu hasil kerja yang optimal. Tanpa adanya sumber daya manusia dapat dipastikan roda organisasi tidak akan bergerak. Balai latihan kerja adalah salah satu lembaga pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, peran balai latihan kerja adalah memberikan pelatihan dan keterampilan pada angkatan kerja yang putus sekolah, dengan memberikan pelatihan kepada angkatan kerja diharapkan akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana efektivitas peran balai latihan kerja dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia?, kemudian bagaimana peran balai latihan kerja dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia menurut perspektif ekonomi Islam?. Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui efektivitas peran balai latihan kerja dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, dan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang peran balai latihan kerja dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner dan wawancara dengan kepala BLK Barokah Lampung Timur. Populasi dalam penelitian ini yaitu 144 peserta dan sampel yang digunakan yaitu sebesar 25% dari 144 peserta (36 responden). Hasil penelitian ini menunjukkan peran balai latihan kerja barokah Lampung Timur dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia belum sepenuhnya berjalan efektif dikarenakan belum adanya penyaluran tenaga kerja secara langsung kepada perusahaan yang di dapat dari peserta pelatihan kerja, Menurut perspektif ekonomi islam efektivitas peran balai latihan kerja dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia harus memiliki sifat shiddiq, amanah, dan fathanah. Kata kunci: Efektivitas BLK, SDM, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:59
Last Modified: 06 Dec 2022 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item