BIMBINGAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG

RITA, RISMIATI (2022) BIMBINGAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RITA RISMIATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

BIMBINGAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG ABSTRAK Anak berkebutuhan khusus adalah mereka yang dalam perkembangannya mengalami hambatan, gangguan, kelambatan, atau memiliki faktor-faktor resiko sehingga untuk mencapai perkembangan optimal diperlukan penanganan atau intervensi khusus. Bimbingan keterampilan bagi anak berkebutuhan khusus merupakan suatu keharusan yang harus diberikan. Hal ini sesuai dengan prinsip bimbingan yang melihat individu secara utuh dalam hal bakat dan potensi yang harus dikembangkan. Anak Berkebutuhan Khusus dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya baik itu kualitas pada dirinya dan pekercayaan dirinya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bimbingan keterampilan dalam meningkatkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus di Penddikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Growing Hope Bandar Lampung. Dilihat dari jenisnya, maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu suatu jenis penelitian yang berusaha mengumpulkan data dan informasi mengenai permasalahan di lapangan. Sumber data yang akan digunakan yaitu dari sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dan mendapatkan informasi melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kontribusi guru pembimbing terbukti telah mampu meningkatkan kepercayaan diri siwa di Pendidikan Khuus Layanan Khusus (PKLK) Growing Hope Bandar Lampung dengan bimbingan keterampilan. Hasil analisis yang dilakukan bahwa dalam memberikan bimbingan keterampilan guru melakukan perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Bimbingan keterampilan ini mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Siswa sudah mulai bersemangat dalam kegiatan, siswa sudah mulai percaya diri, siswa sudah mampu iii mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya, siswa sudah berani tampil di depan kelas, dan siswa sudah mampu berusaha sendiri dan memecahkan masalah jika kesulitan. Kata Kunci: Bimbingan Keterampilan, Kepercayaan Diri iv SKILLS GUIDANCE IN IMPROVING THE CONFIDENCE OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS IN SPECIAL EDUCATION SERVICES SPECIAL (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG ABSTRACT Children with special needs are those who in their development experience obstacles, disturbances, delays, or have risk factors so that to achieve optimal development, special treatment or intervention is needed. Skills guidance for children with special needs is a must that must be given. This is in accordance with the guiding principle which sees the individual as a whole in terms of talent and potential that must be developed. Children with Special Needs can actively develop their potential in terms of their qualities and self-confidence. The purpose of this study is to determine the guidance of skills in increasing the confidence of children with special needs in the Special Education Special Service (PKLK) Growing Hope Bandar Lampung. Judging from the type, this research includes field research, which is a type of research that seeks to collect data and information about problems in the field. Sources of data to be used are from primary sources and secondary sources. Collecting data and obtaining information through interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is data reduction, data display, and drawing conclusions. Examination of data by using triangulation of sources. Based on the results of the study, it can be concluded that the contribution of the supervising teacher has proven to be able to increase student confidence in the Growing Hope Special Service Special Education (PKLK) Bandar Lampung with skill guidance. The results of the analysis carried out that in providing guidance on the skills of the teacher to plan activities, implement activities and evaluate activities. Guidance of this skill is able to increase students' self-confidence. Students have started to be enthusiastic in activities, students have started to be confident, students have been able to develop the abilities that exist in themselves, students have dared to appear in front of the class, and students are able to try on their own and solve problems if they have difficulties.. Keywords: Skills Guidance, Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:54
Last Modified: 06 Dec 2022 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21926

Actions (login required)

View Item View Item