KONSEP DAN APLIKASI LITERASI BARU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0

Sindika, Anggela Wulandari (2022) KONSEP DAN APLIKASI LITERASI BARU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRISPSI FULL SINDIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya teknologi informasi saat ini merambah pada seluruh bidang kehidupan masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Pada era revolusi industri 4.0 diperlukan tiga literasi yaitu literasi data, literasi manusia, dan literasi teknologi. Untuk menelusuri konsep Industri 4.0 dan Society 5.0 maka langkah utama adalah mengidentifikasi istilah-istilah kunci, tinjauan literatur awal dilakukan dengan mencari istilah “Industri 4.0” dan “Society 5.0” di Google Scholar. Bahkan pendidikan dalam era society 5.0, memungkinkan siswa atau mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran berdampingan dengan robot yang sudah dirancang untuk menggantikan peran pendidik. Lantas bagaimana dengan sistem pendidikan di Indonesia? Tulisan ini mengkaji tentang kesiapan pendidikan Indonesia dalam menyambut era society 5.0. Dengan demikian, para pegiat dan stakeholder pendidikan mendapat gambaran tentang urgensi hadirnya teknologi era society 5.0 dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 mempunyai relevansi terhadap pendidikan di Indonesia. Karena baik industri 4.0 maupun Society 5.0 menekankan pada kesiapan untuk mengembangkan kreativitas dan berpikir kritis, hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan di Indonesia. Kehadiran revolusi industri 4.0 dan 5.0 memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan Indonesia. Salah satunya adalah adanya inovasi pembelajaran yang berbasis teknologi yang memudahkan siswa dalam belajar tanpa mengenal ruang,waktu dan tempat. Oleh karena itu perkembangan revolusi Industri 4.0 dan 5.0 diharapkan membawa kemajuan bagi pengembangan pendidikan khususnya di Indonesia dengan menciptakan perubahan dan menyiapkan lulusan yang unggul dan inovatif dengan skill yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis revolusi industri 4.0 dan society 5.0 serta relevansinya terhadap pendidikan di Indonesia. Metode penelitian menggunakan studi literatur yakni mengkaji atau meninjau secara kritis pengetahuan, temuan, atau gagasan yang terdapat dalam jurnal, buku maupun karya ilmiah lainnya. Kata Kunci: Industri 4.0, society 5.0, education technology, pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:50
Last Modified: 05 Dec 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item View Item