ASESMEN SEKOLAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN RATING TOOLS SEKOLAH HIJAU KATEGORI LAB (LAHAN BERKELANJUTAN)

Budi, Siswoyo (2022) ASESMEN SEKOLAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN RATING TOOLS SEKOLAH HIJAU KATEGORI LAB (LAHAN BERKELANJUTAN). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI BUDI SISWOYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Sekolah hijau merupakan salah satu kebijakan atau program pemeringkatan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman, hijau dan berkelanjutan. Program ini memberikan tanggung jawab dalam usaha melindungi dan mengelola sekolah tentang lingkunga hidup dengan tata kelola sekolah yang baik sehingga kemudian hari warga sekolah dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan asesmen kepada 4 sekolah di Kota Bandar Lampung dengan menerapkan rating tools sekolah hijau kategori LAB (Lahan Berkelanjutan) dengan menggunakan 2 prasyarat (kebijakan manajemen lahan, kebijakan pengurangan kendaraan bermotor) dan 6 indikator penilaian (aksesibilitas komunitas, pengurangan kendaraan bermotor, sepeda, lansekap pada lahan, manajemen lahan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian non eksperimen dengan mendeskripsikan data yang sudah di dapatkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa hasil nilai yang diperoleh dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sekolah dengan perolehan nilai terbaik ke-1 yaitu SMA Negeri 9 Bandar Lampung dengan perolehan nilai sebesar 9 poin (gold), terbaik ke-2 yaitu SMK Negeri 4 Bandar Lampung dengan perlehan nilai sebesar 8 poin (silver), terbaik ke-3 yaitu MAN 1 Bandar Lampung dengan perolehan nilai sebesar 8 poin (silver) dan terbaik ke-4 yaitu SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dengan perolehan nilai sebesar 8 poin (silver) yang masuk dalam kategori pemeringkatan sekolah hijau dengan penerapan rating tools kategori LAB (Lahan Berkelanjutan). Kata kunci: lahan berkelanjutan, rating tools, peringkat ii ABSTRACT Green schools are one of the policies or rating programs that aim to create a healthy, comfortable, green and sustainable environment. This program provides responsibility for protecting and managing schools regarding the environment with good school governance so that in the future school members can contribute to protecting the environment and sustainable development. This study aims to conduct an assessment of 4 schools in Bandar Lampung City by applying rating tools for green schools in the LAB category (Sustainable Land) using 2 prerequisites (land management policy, motor vehicle reduction policy) and 6 assessment indicators (community accessibility, vehicle reduction). motorcycles, bicycles, landscaping, land management and concern for the surrounding environment). This type of research is descriptive qualitative, namely the type of non-experimental research by describing the data that has been obtained. The data collection instrument used is the result of the value obtained from the research. Based on the results of the research that has been done, the school with the 1st best score is SMA Negeri 9 Bandar Lampung with a score of 9 points (gold), the second best is SMK Negeri 4 Bandar Lampung with a score of 8 points (silver). , the 3rd best is MAN 1 Bandar Lampung with a score of 8 points (silver) and the 4th best is SMA Al�Kautsar Bandar Lampung with a score of 8 points (silver) which is included in the green school rating category with the application of a rating tools category LAB (Sustainable Land). Keywords: sustainable land, rating tools, ranking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:26
Last Modified: 05 Dec 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item