PENGARUH KONTRIBUSI PESERTA, KLAIM DAN HASIL INVESTASI TERHADAP SURPLUS UNDERWRITING (Studi pada Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia Periode Tahun 2017-2020)

DWI, MAHARANI (2022) PENGARUH KONTRIBUSI PESERTA, KLAIM DAN HASIL INVESTASI TERHADAP SURPLUS UNDERWRITING (Studi pada Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia Periode Tahun 2017-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI MAHARANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga syariah non keuangan seperti Asuransi Syariah tumbuh sangat pesat di Indonesia, karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Asuransi syariah lebih ke ranah sosial daripada ke ranah ekonomi atau mengutamakan keuntungan (Profit Oriented). Hal ini disebabkan karena asuransi syariah lebih mengutamakan prinsip tolong menolong yang menjadi dasar utama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa pengaruhnya kontribusi peserta, klaim dan hasil investasi terhadap surplus underwriting pada periode 2017- 2020 baik secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua perusahaan asuransi umum syariah di Indonesia yang sudah mendapat izin usaha dari OJK dan memiliki laporan keuangan lengkap periode 2017-2020.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data perusahaan asuransi syariah di Indonesia tahun 2017-2020 yang sumbernya di website masing-masing perusahaan asuransi syariah. Metode analisis data penelitian ini menggunakan uji secara parsial (Uji-t) dan uji secara simultan (Uji-F). Hasil analisis penelitian dinyatakan bahwa Kontribusi Peserta, Klaim dan Hasil Investasi berpengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting pada Perusahaan Asuransi Umum Syariah di Indonesia periode 2017-2020. Hal ini berdasarkan dari uji ANOVA menunjukkan bahwa F hitung 0,000 dan F tabel 216. Nilai signifikan 0,00. Oleh karena itu nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Kontribusi Peserta, Klaim, Hasil Investasi, Surplus Underwriting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:17
Last Modified: 05 Dec 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item View Item