PERSEPSI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS 8 SMPNEGERI 3 RAMAN UTARALAMPUNG TIMUR

NANDA, WIDYA MAHARANI (2022) PERSEPSI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS 8 SMPNEGERI 3 RAMAN UTARALAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NANDA WIDYA MAHARANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Problematika Pembelajaran yaitu suatu kendala atau permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran dan permasalahan atau kendala tersebut harus segera di pecahkan agat tercapainya suatu tujuan proses pembelajaran.Problematika Pendidikan Agama Islam adalah permasalahan- permasalahan, persoalan-persoalan, kesenjangan-kesenjangan yang menjadi halangan yang ada dalam sebuah proses Pendidikan Agama Islam baik sebagai sebuah disiplin ilmu, institusi ataupun jalan hidup, yang menjadi sebuah tantangan bagi setiap manusia muslim untuk mencari solusinya. Adapun permasalahan terkait problematika persepsi orang tua dan hal ini terdapat faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa Smp Negeri 3 Raman Utara banyak tidak mencapai KKM yang ditentukan oleh guru pada mata pelajaran PAI. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian dengan tujuan agar mengetahui problematika pembelajaran PAI persepsi orang tua dan relevansinya terhadap hasil belajar PAI siswa Smp Negeri 3 Raman Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dengan teknik pengumpula data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Sedangkan teknik uji keabsahan data yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan teknik uji keabsahan data triangulasi sumber terkait guru, wali murid dan peserta didik Smpn 3 Raman Utara.Teknik tersebut digunakan untuk memngetahui bagaimana Problematika Pembelajaran PAI persepsi orang tua dan relevansinya terhadap hasilbelajar pai peserta didikstudi pada wali murid SmpNegeri 3 Raman Utara.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat problematika pembelajaran PAI persepsi orang tua dan relevansinya terhadap hasil belajar PAI siswa kelas 8 Smp Negeri 3 Raman Utara, diantaranya yaitu : Kurangnya kemampuan Peserta didikdalam membaca Al-Qur’an, Siswa yang sekolah di Smp Negeri 3 Raman Utara mayoritas beragama Islam, namun padakenyataannya yang terjadi pengalaman siswa tentang ilmu Pendidikan Agama Islam masih sangat minim, khususnya dalam membaca Al-Quran. Maka hal ini sangat relevan dengan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa yang menunjukkan bahwa dari ranah kognitif siswa banyak yang tidak mencapai standar hasil belajar yang sudah ditentukan. Banyak siswa yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM,Kurangnya Motivasi Belajar Peserta didik , dilihat dari masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan di depan kelas, masih banyak siswa yang tidak membawa buku paket pada pembelajaran pendidikan agama Islam, masih ada siswa yang berkata kasar dengan temannya, masih banyak siswa yang tidak mematuhi peraturan dan kurangnya pengamalan siswa serta kurangnya perhatian dari tenaga pendidik. Problematika ini sangat relevan terhadap hasil belajar siswa kelas 8 Smp Negeri 3 Raman Utara pada ranah kognitif dimana dari hasil belajar yang diperoleh siswa banyak yang tidak mencapai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa problematika pembelajara PAI persepsi orang tua dan relevansinya terhadap hasil belajar PAI siswa kelas 8 Smp Negeri 3 Raman utara yaitu sangat relevan dilihat dari problematika persepsi orang tuatersebut permasalahan tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik yaitu dari aspek kognitif yang rendah sehingga hasil belajar tidak mencapai KKM yang di tentukan. Kata kunci : Problematikan pembelajaran PAI persepsi orang tua, relevansi, hasil belajar PAI ii ABSTRACT Learning Problems is an obstacle or problem that occurs during the learning process and the problem or obstacle must be solved immediately in order to achieve a learning process goal. The problems of Islamic Religious Education are the problems, problems, gaps that become obstacles that exist in a process of Islamic Religious Education either as a scientific discipline, institution or way of life, which becomes a challenge for every Muslim man to find a solution. As for the problems related to the problematic perception of parents and this there are factors that cause the learning outcomes of many students of SMP Negeri 3 Raman Utara not to reach the KKM determined by the teacher in PAI subjects. Therefore, it is necessary to conduct research with the aim of knowing the problems of PAI learning, parents' perceptions and their relevance to PAI learning outcomes for students of SMP Negeri 3 Raman Utara. The type of research used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. Then the data is analyzed by reducing the data, presenting the data and then drawing conclusions. While the data validity test technique that the researchers used was to use a triangulation data validity test technique related to sources related to teachers, guardians and students of Smpn 3 Raman Utara. This technique is used to find out how the PAI Learning Problems are perceived by parents and their relevance to the learning outcomes of students studying at the guardians of SMP Negeri 3 Raman Utara.The results of this study indicate that there are problems in PAI learning parents' perceptions and their relevance to PAI learning outcomes for 8th grade students of SMP Negeri 3 Raman Utara, including: Lack of ability of students in reading the Qur'an, students who study at SMP Negeri 3 The majority of North Raman are Muslims, but in fact what happens is that students' experience of Islamic Religious Education is still very minimal, especially in reading the Koran. So this is very relevant to the learning outcomes obtained by students which show that from the cognitive domain, many students do not reach the predetermined standard of learning outcomes. Many students who get learning outcomes under the KKM, Lack of Student Learning Motivation, seen from the many students who do not pay attention to the teacher when explaining in front of the class, there are still many students who do not bring textbooks on learning Islamic religious education, there are still students who say rude with his friends, there are still many students who do not obey the rules and lack of student practice and lack of attention from educators. This problem is very relevant to the learning outcomes of 8th graders of SMP Negeri 3 Raman Utara in the cognitive domain where from the learning outcomes obtained many students do not reach the KKM. The conclusion of this study is that the problems of PAI learning are parents' perceptions and their relevance to PAI learning outcomes for 8th grade students of SMP Negeri 3 Raman Utara, which is very relevant, seen from the problematic perceptions of parents, these problems greatly affect student learning outcomes, namely from low cognitive aspects. so that learning outcomes do not reach the specified KKM. Keywords: Problematic PAI learning parents' perceptions, relevance, PAI learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:08
Last Modified: 05 Dec 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21920

Actions (login required)

View Item View Item