PENGARUH KOMITE AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode Tahun 2017-2021)

LISNA, ARYANI (2022) PENGARUH KOMITE AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode Tahun 2017-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL LISNA ARYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Islamic Social Reporting merupakan tolak ukur pengungkapan tanggung jawab sosial entitas Islam yang berdasarkan pada standar�standar pengungkapan CSR yang telah ditetapkan oleh AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions) dan kemudian dikembangkan oleh beberapa peneliti mengenai item-item CSR apa saja yang seharusnya diungkapkan oleh entitas Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komite Audit dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks saham Syariah Indonesia periode tahun 2017 sampai 2021. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pendekatan model Ordinary Least Square (OLS) dan data yang digunakan yaitu data sekunder atau data times series. Populasi dalam penelitian ini meliputi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) selama periode 2017-2021 dan diperoleh 29 perusahaan sebagai sampel penelitian. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan (annual report) perusahaan manufaktur yang terdaftar di ISSI periode 2017-2021. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa Komite Audit berpengaruh positif signifikan terhadap Pengungkapan IslamicSocial Reporting, yang berarti bahwa semakin meningkatnya jumlah komite audit maka pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) semakin meningkat, sedangkan Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Kata Kunci: Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Islamic Social Reporting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:03
Last Modified: 05 Dec 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21919

Actions (login required)

View Item View Item