PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP N 1 SEKAMPUNG UDIK

Putri, Rahmasari (2022) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP N 1 SEKAMPUNG UDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUTRI RAHMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SEKAMPUNG UDIK Oleh Putri Rahmasari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Strategi Active Learning Tipe Peer Lesson terhadap kemaampuan metakognitif dan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMPN 1 Sekampung Udik. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya menggunakan quasi eksperimen. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sekampung Udik dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 128 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil secara acak dengan teknik random sampling sehingga didapat kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan model pembelajaran Active Learning Tipe Peer Lesson sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data didapat dari hasil tes soal uraian, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji MANOVA untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas yang dilalukan dengan menggunakan Uji Lilifors untuk mengetahui data berdistribusi dengan normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui apakah data bersifat homogen atau tidak. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai sg 0.983 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Active Learning Tipe Peer Lesson terhadap kemampuan metakognitif dan minat belajar siswa di SMPN 1 Sekampung Udik. Kata kunci : Active Learning Tipe Peer Lesson, Kemampuan Metakognitif, Minat Belajar ABSTRACT PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SEKAMPUNG UDIK Oleh Putri Rahmasari Peer Lesson Type Active Learning Strategy learning strategy on students' metacognitive abilities and learning interests in biology subjects at SMPN 1 Sekampung Udik. The approach in this study is a quantitative approach with the type of research using quasi�experimental. The population used in this study were all students of class VIII SMPN 1 Sekampung Udik with a total of 128 students consisting of 4 classes. The sample in this study was taken randomly with random sampling technique so that class VIII A was obtained as the experimental class and class VIII B as the control class. The experimental class was given an Active Learning Peer Lesson type learning model , while the control class used a conventional learning model. Data collection was obtained from the test results of descriptions, questionnaires and documentation. The data analysis technique used in this study is the MANOVA test to answer the hypothesis. The normality test was carried out using the Lilifors test to determine whether the data was normally distributed or not. Then the homogeneity test was carried out to determine whether the data was homogeneous or not. The results of hypothesis testing obtained a sg value of 0.983 > 0.05 so it can be concluded that there is an influence of Peer Lesson Type Active Learning learning strategies on metacognitive abilities and student interest in learning at SMPN 1 Sekampung Udik. Keywords: Active Learning Type Peer Lesson , Metacognitive Ability, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:26
Last Modified: 05 Dec 2022 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21916

Actions (login required)

View Item View Item