LAYANAN RESPONSIF DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Yuni, Anggraini (2022) LAYANAN RESPONSIF DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan mengenai disiplin belajar peserta didik dalam upaya meningkatkan disiplin belajar peserta didik yang tidak mudah dicapai, karena terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peserta didik melakukan ketidaksiplinan dalam belajar. Faktor tersebut antara lain tidak disiplin dalam belajar pada peserta didik terhadap mata pelajaran yang sedang berlangsung, jarang masuk kelas, terlambat, jarang mengumpulkan tugas, dan faktor lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi layanan responsif melalui teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian yaitu 36 peserta didik dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 berjumlah 5 peserta didik dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan, dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan responsif dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 8 Bandar Lampung telah di laksanakan dengan baik dan terdapat perubahan pada peserta didik terlihat dari keaktifan dalam belajar dan buku absen yang tidak malas untuk hadir dan mengumpulkan tugas. Kata Kunci : Layanan Responsif, Self Management, Disiplin Belajar iv ABSTRACT This study describes the learning discipline of students in an effort to improve student learning discipline which is not easy to achieve, because there are several factors that can influence students to be undisciplined in learning. These factors include being undisciplined in learning for students on ongoing subjects, rarely coming to class, being late, rarely collecting assignments, and environmental factors. This study aims to determine the planning, implementation, and evaluation of responsive services through self�management techniques to improve the learning discipline of students in class XI IPS 2 at SMA Negeri 8 Bandar Lampung. The research methodology used was descriptive qualitative method using a field research approach. Sources of data in this study include primary and secondary sources using data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. The population in the study were 36 students and the sample in this study were students of class XI IPS 2 totaling 5 students with data analysis techniques, namely data reduction, data presentation, data verification or drawing conclusions, and data validity using triangulation techniques namely observation, interviews. and documentation. The results of this study indicate that the planning, implementation and evaluation of responsive services with self�management techniques to improve the learning discipline of students in class XI IPS 2 at SMA Negeri 8 Bandar Lampung has been carried out well and there were changes in students seen from active learning and books. absentee who are not lazy to attend and collect assignments. Keywords: Responsive Service, Self Management, Learning Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:21
Last Modified: 01 Dec 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21902

Actions (login required)

View Item View Item