PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG

SELY, SEPTRIYANI (2022) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELY SEPTRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Minat adalah rasa lebih suka, selalu memperhatikan ketika pelajaran berlangsung, rasa ketertarikan, aktif dalam kegiatan belajar dalam belajar tanpa adanya paksaan dari orang lain. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan sesuatu antara diri sendiri dengan sesuatu diluar diri. Kurangnya ketertarikan peserta didik dalam belajar pada bidang tertentu membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam mengembangkan minat belajar yang di inginkan karena hasil yang tidak sesuai dengan keinginannya. Minat belajar yang belum berkembang atau rendah masih terdapat di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XIII Di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling (BK) yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas XIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi dilakukan selama 2 x 40 menit dengan 6x pertemuan selama 3 minggu. Hasil penelitian tentang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam mengembangkan minat belajar peserta didik, berikut langkah-langkah yang di gunakan guru bimbingan dan konseling dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi dalam mengembangkan minat belajar peserta didik, sebagai berikut; 1) tahap menyampaikan tujuan dari diskusi. 2) tahap mengarahkan diskusi. 3) tahap menyelenggarakan diskusi. 4) tahap mengakhiri diskusi. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik diskusi, Minat Belajar. iii ABSTRACT Interest is a sense of preferring to always pay attention when the lesson takes place, a sense of active interest in learning activies in learning without coercion from orhers. Interest is basically the acceptance of something between oneself. The lack of interest of students in learning in certain fieldts makes students have difficulty in developing the desired learning interest because the results are not in accordance with their wishes. Interest in learning has not developed or is still low at Wiyatama junior high school Bandar Lampung. The aim of this research is to find out the implementation of group guidance services with discussion techniques in increasing the learning interest of VIII students at Wiyatama junior high school Bandar Lampung. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. Data colled through observation involving guidance and counseling teachers who are on duty and handle participant problems. The results of research on the implementation of group guidance services with discussion techniques in developing students’learning interests along with the steps used for guidance and counseling in the implementation of group guidance services with techniques. 1) Stage of conveying the objectives of the discussion. 2) The stage directing the discussion. 3) Stage of holding a discussion. 4) Stage ending discussion Keyword: Group Guidance, discussion techniques, interest in studying

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:53
Last Modified: 01 Dec 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21897

Actions (login required)

View Item View Item