IMPLEMENTASI PELAYANAN SOSIAL ANAK DAN LANJUT USIA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara)

NIMAS, INTAN (2022) IMPLEMENTASI PELAYANAN SOSIAL ANAK DAN LANJUT USIA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of CETAK SKRIPSI NIMAS INTAN2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan Sosial adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan dengan lingkungan sosialnya. mencakup program pertolongan dan perlindungan kepada golongan yang kurang beruntung, seperti pelayanan sosial bagi anak terlantar, keluarga miskin,cacat fisik dan mental tuna sosial dan sebagainya. Berdasarkan Peraturan Bupati Lampung Utara Nomor 48 tahun 2017 tentang Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Sosial Lampung Utara. Dinas Sosial mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintah daerah dibidang sosial berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan yang ada diantaranya, Bagaimana implementasi pelayanan sosial anak dan lanjut usia oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara? dan Bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap implementasi pelayanan sosial anak dan lanjut usia oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi pelayanan sosial anak dan lanjut usia oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara dan untuk mengetahui Bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan pelayanan sosial anak dan lanjut usia oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan (field research), sifat penelitian ini bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis, penelitian menggunakan analisis kualitatif dan dibantu dengan menggunakan teori yang bersangkutan dengan permasalahan ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara dalam pelaksanaan pemberian pelayanan sosial kepada Anak dan Lanjut Usia telah sesuai dengan Peraturan Bupati Lampung Utara Nomor 48 Tahun 2017 dengan adanya kegiatan pembinaan dan monitoring terhadap penerima pelayanan sosial dan dari tinjauan Fiqh Siyasah Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara sudah menjalankan amanah dengan baik sesuai dengan tugas pokoknya. Namun dalam pelaksanaan pelayanan sosial ini ada ketidakpuasan dari masyarakat karena kurangnya monitoring ulang terhadap penerima pelayanan sosial dan sangat minim laporan di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga menghambat bantuan-bantuan yang akan diberikan kepada objek tersebut. Kata kunci: Fiqh Siyasah, Pelayanan Sosial, Peraturan Bupati

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:52
Last Modified: 30 Nov 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21889

Actions (login required)

View Item View Item