HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DAN CITRA TUBUH DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA

Novia, Claudia (2022) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DAN CITRA TUBUH DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+5& DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Komunikasi Dalam Keluarga dan Citra Tubuh Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Tahun Pertama Oleh : Novia Claudia Kecemasan berbicara di depan umum adalah suatu keadaan tidak menyenangkan disertai dengan perasaan takut, khawatir, dan tidak nyaman yang akan membuat seseorang merasa tidak bisa menyampaikan pesannya secara baik dan benar dihadapan orang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Komunikasi Dalam Keluarga dan Citra Tubuh dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebanyak 80 mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunkan skala kecemasan bebicara di depan umum berjumlah 34 aitem (ɑ = 0,892) skala komunikasi dalam keluarga 30 aitem (ɑ = 0,826) dan skala citra tubuh 40 aitem (ɑ = 0,876). Teknik analis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan Sofware JASP versi 0.15. Hasil penelitian pertama menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara komunikasi dalam keluarga dan citra tubuh dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa tahun pertama dengan nilai R = 0.420 dan nilai F = 8.269 dengan taraf signifikan p < 0.01 (p <0.01). Sumbangan efektif (SE) sebesar 15% dan dan sisanya 85% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini. Kemudian yang kedua terdapat hubungan yang negatif signifikan antara komunikasi dalam keluarga dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa tahun pertama dengan nilai (Rₓ₁ -y) = - 0.353 dengan taraf signifikan p = 0.001 (p < 0.01) dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 5%. Ketiga terdapat hubungan yang negatif signifikan antara citra tubuh dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa tahun pertama dengan nilai (Rₓ₁ -y) = -0.325 dengan taraf signifikan p = 0.003 (p < 0.01) dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 10%. Kata Kunci : Kecemasan Berbicara Di Depan Umum, Komunikasi Dalam Keluarga, Citra Tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:31
Last Modified: 30 Nov 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21885

Actions (login required)

View Item View Item