ANALISIS PERBANDINGAN PENGHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE TRADISIONAL DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING TERHADAP LABA PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT. Viktorindo Kimiatama)

MALVIANA, OKTASARI (2022) ANALISIS PERBANDINGAN PENGHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE TRADISIONAL DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING TERHADAP LABA PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT. Viktorindo Kimiatama). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Bab 1 dan Bab 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi full MalvianaOktasari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ekonomi yang semakin mengglobal, membuat persaingan di dunia bisnis semakin tinggi yang mengharuskan perusahaan harus mampu bersaing dan mendapatkan laba yang tinggi. Untuk itu, diperlukan perhitungan harga pokok produk dalam menentukan harga jual yang layak dan kompetitif. Metode Tradisional dapat mengukur secara akurat proporsi sumber daya yang dikonsumsi oleh masing-masing produk tetapi ada biaya-biaya yang timbul dari aktivitas dan transaksi yang tidak berkaitan dengan volume unit yang diproduksi secara fisik, hal ini dapat menyebabkan pengalokasian biaya overhead pabrik yang kurang tepat. Activity Based Costing merupakan metode penentuan harga pokok produk yang dapat mengukur secara cermat konsumsi sumber daya dalam setiap aktivitas yang digunakan dalam menghasilkan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan perhitungan harga pokok penjualan berdasarkan perhitungan metode ABC dan metode Tradisional yang diterapkan PT. Viktorindo Kimiatama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif atau perbandingan yang artinya dalam penelitian ini penulis membandingkan penghitungan harga pokok penjualan menurut metode tradisional dan metode ABC. Berdasarkan hasil pembahasan, penghitungan harga pokok penjualan dengan metode Activity Based Costing dinilai lebih memberikan manfaat yang berarti yaitu penghitungan harga pokok penjualan dengan menggunakan metode activity based costing lebih kecil dibandingkan dengan metode tradisional. Serta, metode ABC lebih baik menurut perspektif Islam karena hasil penghitungan lebih akurat, sehingga penghitungan penggunaan bahan baku untuk produksi lebih tepat. Kata Kunci : Harga Pokok Penjualan, Metode Tradisional, Metode Activity Based Costing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:26
Last Modified: 30 Nov 2022 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21884

Actions (login required)

View Item View Item