RIA, ATIKA DARUSALAM (2022) STRATEGI PEMENANGAN KEPALA DESA PEREMPUAN PADA PILKADES SERENTAK 2021 (Studi Desa Banjar Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK STRATEGI PEMENANGAN KEPALA DESA PEREMPUAN PADA PILKADES SERENTAK 2021 (Studi Desa Banjar Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan) Oleh Ria Atika Darusalam Setiap pemilihan umum para calon kandidat akan berlomba-lomba untuk menarik simpati masyarakat, berbagai upaya dilakukan untuk memperoleh kemenangannya. Salah satu upaya yang dilakukan ialah membentuk strategi. Strategi pemenangan ialah ilmu yang mengajarkan cara bersaing atau menaklukkan lawan agar dapat memperoleh kemenangan untuk menjadi seorang pemimpin. Permasalahan penelitian ini adalah masyarakat Indonesia khususnya di pedesaan masih menganut budaya patriarki yang beranggapan bahwa pemimpin harus seorang laki-laki. Namun, pada kenyataannya di Desa Banjar Agung justru dipimpin oleh seorang kepala desa perempuan yaitu Ibu Lela Wati. Ibu Lela Wati merupakan perempuan pertama yang mencalonkan diri menjadi kepala desa di Desa Banjar Agung, kemudian ia pun terpilih menjadi kepala desa perempuan pertama di Desa Banjar Agung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemenangan yang digunakan dalam oleh kepala desa perempuan di Desa Banjar Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Teori yang digunakan adalah teori marketing politik (4P) dari Nifenneger yang di dalamnya terdapat indikator Produck, Promotion, Price, dan Place. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara kepada kepala desa perempuan terpilih juga masyarakat Desa Banjar Agung, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk memenangkan pemilihan diperlukan adanya strategi pemenangan. Adapun strategi pemenangan dalam penelitian ini adalah strategi marketing politik. Marketing politik Ibu Lela Wati menyesuaikan dengan keadaan masyarakat Desa Banjar Agung. Masyarakat Desa Banjar Agung membutuhkann pemimpin yang memiliki citra baik, mampu merakyat, dan bertanggung jawab. Ibu Lela Wati memiliki citra baik di masyarakat yang ia gunakan sebagai strategi pemenangan dengan menebarkan citra ekonomis, citra psikologis, dan citra nasionalis yang dimilikinya. Mampu merakyat dengan bersosialisasi secara langsung kepada masyarakat terbuka dan mau menerima keluhan masyarakat. Strategi yang dilakukan secara tepat dapat mempengaruhi perilaku pemilih. Sehingga elektabilitas Ibu Lela Wati menjadi tinggi karena banyak masyarakat yang mengenal dan mendukungnya. Kata kunci : Strategi, Pemenangan, Pemimpin Perempuan, Marketing Politik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pemikiran Politik Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 04:21 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 04:21 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21882 |
Actions (login required)
View Item |