ANALISIS PENETAPAN NILAI HARGA JUAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PETANI SAWIT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Usaha Bersama Bumi Agung Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan)

Tia, Julianti (2022) ANALISIS PENETAPAN NILAI HARGA JUAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PETANI SAWIT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Usaha Bersama Bumi Agung Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIA JULIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian dari mayoritas penduduknya. Sebagian besar penduduk indonesia menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Kabupaten Way kanan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki potensi di Bidang Pertanian. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh harga jual terhadap tingkat pendapatan petani sawit di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bumi Agung kabupaten Way Kanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Kualitatif dengan populasi sebanyak 30 orang dan menggunakan sampel 9 orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap pendapatan petani sawit. Hasil Penelitian menyatakan bahwa Harga Berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani sawit. Semakin tinggi harga jual kelapa sawit, maka akan semakin besar pula pendapatan yang diperoleh. Untuk memaksimalkan pendapatan yang diperoleh, para petani sawit tidak hanya mengandalkan hasil pertanian saja, melainkan membuka usaha sampingan seperti steam, membuka usaha warung rumahan dan sebagainya. Harga jual kelapa sawit dalam meningkatkan pendapatan di Kelompok Usaha Bersama Bumi Agung dalam perspektif Ekonomi Islam menunjukkan hasil yang cukup baik. Dalam Islam pendapatan diperoleh dari barang atau uang yang diterima maupun yang dihasilkan oleh masyarakat berdasarkan aturan-aturan yang sesuai dengan syariat Islam, salah satunya adalah dengan jalan perniagaan dimana berlandaskan atas rasa suka rela atau suka sama suka, yang tidak lepas dari ajaran Al-Qur’an dan Sunnah. Kata kunci: Harga Jual, Pendapatan, Petani Sawit, Pendapatan dalam Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:17
Last Modified: 30 Nov 2022 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item