ANALISIS PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN PETANI KOPI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI DAN NILAI JUAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Masyarakat Petani Kopi di Desa Kenali Kecamatan Belalau Lampung Barat)

Elysha, Novi Juliyanti (2022) ANALISIS PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN PETANI KOPI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI DAN NILAI JUAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Masyarakat Petani Kopi di Desa Kenali Kecamatan Belalau Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Elysha Novi Juliyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pemberdayaan petani kopi di Pekon Kenali Kecamatan Belalau kurang dapat dilakukan secara maksimal, karena lokasi geografis dan medan jalan yang sangat sulit serta petani kopi yang kurang berperan aktif dalam kegiatan pemberdayaan sebagai upaya meningkatkan hasil produksi dan nilai jual kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatui strategi pemerintah dalam memberdayakan petani kopi di Pekon Kenali Kecamataan Belalau Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui cara meningkatkan produksi dan nilai jual kopi dalam perspektif Ekonomi Islam petani kopi di Pekon Kenali kecamatan Belalau Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan perspektif Pendekatan kualitatif yang menggunakan kenyataan atau realitas lapangan sebagai sumber data primer yang objek utamanya adalah petani kopi di Pekon Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Hasil dari penelitian ini adalah, pemerintah memiliki peran dalam pemberdayaan petani kopi di Desa Kenali, yaitu sebagai penyedia layanan, fungsi pengaturan, serta fungsi pembangunan. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh petani dalam meningkatkan hasil produksi dan nilai jual adalah rutin mengikuti kegiatan penyuluhan, menggunakan pupuk yang berkualitas, menambah wawasan melalui sosialisasi serta melakukan penjualan langsung ataupun melalui agen. Berdasarkan perspektif ekonomi Islam, pemberdayaan ditunjukan pada pelaksaaan yang mendasarkan kekeluargaan yaitu ta‟awun dimana didalamnya terdapat prinsip saling membantu, sehingga terjalin ikatan yang sangat kuat dalam tujuan bersama bukan mencari keuntungan sebelah pihak, dalam upaya menghasilkan produksi kopi yang lebih efektif dan efisien. Kata Kunci : Peran Pemerintah, Pemberdayaan, Hasil Produksi, Nilai Jual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:15
Last Modified: 30 Nov 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item