PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus pada PT ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Bakauheni Lampung Selatan)

Dinda, Nurhasniatin (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus pada PT ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Bakauheni Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of DINDA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang seringkali muncul pada PT ASDP Indonesia Ferry (persero) adalah dimana banyak yang kurang mengetahui dan mempunyai kemampuan yang kurang untuk mengelola keuangan syariah kebanyakan menerapkan keuangan konvensional. Kebanyakan juga PT ASDP Indonesia Ferry (persero) kurang memperhatikan tata cara mengelola keuangannya dengan baik, juga jarang melakukan tabungan, pinjaman, asuransi syariah, serta investasi. Salah satu cara yang dapat memperkaya pengetahuan dalam mengelola keuangan adalah dengan menggunakan literasi keuangan. Dengan ini maka akan memberikan pengetahuan keuangan terhadap pelaku usaha sehingga menjadikan usahanya berkembang dan berkelanjutan jangka waktu yang panjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pengetahuan literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, untuk mengetahui apakah pemahaman literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan dan untuk mengetahui apakah penerapan literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaa di PT ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Bakauheni. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah staff karyawan yang ada PT ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Bakauheni dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 50 sampel data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Keuangan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang artinya bahwa semakin tinggi literasi keuangan perusahaan pada PT ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Bakauheni maka akan semakin baik pula kinerja keuangannya. Jadi literasi keuangan yang dimiliki pada PT ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Bakauheni tersebut mampu membuat lebih bijak lagi dalam mengelola keuangannya. Dalam perspektif Islam nya apabila seseorang paham dengan pengetahuan keuangan maka akan mampu dalam mengevaluasi yang relevan untuk mengelola sumber daya keuangan islam dalam rangka mencapai ksejahteraan yang sesuai dengan landasan hukum Islam yaitu Al-Qur‟an dan Hadist. Kata Kunci : Kinerja Keuangan dan Literasi Keuangan Perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:07
Last Modified: 30 Nov 2022 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21875

Actions (login required)

View Item View Item