PENGARUH PENDAPATAN PREMI, BEBAN KLAIM, HASIL INVESTASI DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2018-2020)

Mayang, Octaviara (2022) PENGARUH PENDAPATAN PREMI, BEBAN KLAIM, HASIL INVESTASI DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2018-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of MAYANG FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga asuransi pasti ingin selalu mengalami peningkatan baik dalam pertumbuhannya maupun peningkatan modal atau laba yang maksimal. Laba atau rugi biasanya digunakan untuk menilai prestasi kinerja perusahaan, faktor utama dalam menentukan besar kecilnya laba sangat tergantung pada keberhasilan mengelola investasi, apabila laba yang diperoleh semakin meningkat maka akan menarik investor yang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan premi, beban klaim, hasil investasi dan biaya operasional terhadap profitabilitas asuransi syariah di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data sekunder, yaitu berupa laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh masing-masing perusahaan asuransi syariah. Populasi pada penelitian ini yaitu laporan keuangan tahunan asuransi syariah yang ada di Indonesia selama periode 2018-2020. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan variabel Pendapatan Premi, Beban Klaim, Hasil Investasi dan Biaya Operasional berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara parsial variabel Pendapatan Premi, Beban Klaim dan Biaya Operasional tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas, sedangkan variabel Hasil Investasi berpengaruh terhadap Profitabilitas. Kata Kunci : Pendapatan Premi, Beban Klaim, Hasil Investasi, Biaya Operasional, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:05
Last Modified: 30 Nov 2022 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21874

Actions (login required)

View Item View Item