PERANAN PONDOK PESANTREN DARUSSHOLIHIN TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS EKONOMI SANTRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Yayasan Tebu Ireng-12 Kabupaten Tulang Bawang Barat)

AFTINA, HALWA HAYATIKA (2022) PERANAN PONDOK PESANTREN DARUSSHOLIHIN TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS EKONOMI SANTRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Yayasan Tebu Ireng-12 Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I II V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full Halwa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok Pesantren Darussholihin Yayasan Tebu Ireng-12 merupakan suatu lembaga pendidikan yang berbasis kewirausahaan, tidak hanya bergerak dalam bidang pendidikan agama saja akan tetapi santri juga diajarkan untuk berwirausaha, dengan tujuan agar setelah santri keluar dari pondok pesantren dapat mandiri dan memiliki kreativitas ekonomi. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimana peranan dan upaya Pondok Pesantren Darussholihin Yayasan Tebu Ireng-12 terhadap peningkatan kreativitas ekonomi santri dan Bagaimana dampak dari peranan dan upaya Pondok Pesantren Darussholihin Yayasan Tebu Ireng-12 terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi pondok pesantren. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara yang dilakukan kepada pimpinan pesantren dan para santri, observasi dilakukan di Pondok Pesantren Darussholihin dan unit kewirausahaan yang ada, dan dokumentasi dilakukan dengan melihat penelitian-penelitian serta jurnal ilmiah tentang peningkatan kreativitas ekonomi santri dengan tekhnik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga peranan dan upaya pemberdayaan yang dilakukan Pondok Pesantren Darussholihin: menciptakan suasana yang dapat memacu potensi santri agar berkembang, memperkuat potensi yang dimiliki santri, meningkatkan partisipasi santri dengan dalam kegiatan kewirausahaan agar timbul peningkatan kreativitas ekonomi santri. Kemudian dampak dari peranan dan upaya Pondok Pesantren Darussholihin terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi pondok pesantren dapat dilihat dari perkembangan fasilitas-fasilitas yang ada dalam unit usaha serta pendidikan pondok pesantren dan didukung pula dengan semakin bertambahnya jumlah santri yang ikut serta membantu dalam peningkatan kesejahteraan pondok pesantren. Kata Kunci: Peranan Pondok Pesantren, Peningkatan Kreativitas Ekonomi, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:00
Last Modified: 30 Nov 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21871

Actions (login required)

View Item View Item