ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat Bandar Lampung Periode Tahun 2018-2021)

MELA, SELVIANA (2022) ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat Bandar Lampung Periode Tahun 2018-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELA SELVIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam ketentuan umum PP No. 65 Tahun 2001 pasal 1, pajak daerah adalah iuran wajib yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan usaha pada daerah tanpa imbalan langsung yang seimbang, yang dapat dipaksakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah.Sedangkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 definisi Pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Penulis tertarik untuk meneliti seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor (PKB) di Samsat Bandar Lampung, yaitu Pengetahuan Wajib Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Bersama SAMSAT Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik kuisioner yang diukur dengan skala likert kemudian ditentukan secara Accidental Sampling kepada wajib pajak di SAMSAT Bandar Lampung sehingga didapat 100 responden yang penentuannya menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis data melalui beberapa uji, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Pengetahuan Wajib Pajak dan Akuntabilitas Pelayanan Publik tidak berpengaruh secara parsial, namun Sanksi pajak berpengaruh secara parsial terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Kemudian hasil uji secara simultan dinyatakan bahwa Pengetahuan Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanksi pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Pajak menurut perspektif Islam, bila kita menelusuri dan mencari dasar hukum mengenai pajak baik dalam nash al-Qur’an maupun al-Hadits secara jelas maka kita tidak akan menemukannya, akan tetapi jika kita menelusurinya lebih jauh terhadap kandungan nash tersebut maka secara tersirat terdapat di dalamnya, karena pajak merupakan hasil ijtihad dan pemikiran dari sahabat Umar bin Khattab yang mengacu pada kemaslahatan umat. Maka dari itu pajak diperbolehkan atas dasar kemaslahatan seluruh masyarakat. Kata Kunci: Pengetahuan Wajib Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanksi pajak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:58
Last Modified: 30 Nov 2022 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item