PENGARUH PENERAPAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH CAMPANG JAYA SUKA BUMI BANDAR LAMPUNG

PUTRI, ADELIA (2017) PENGARUH PENERAPAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH CAMPANG JAYA SUKA BUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH CAMPANG JAYA SUKA BUMI BANDAR LAMPUNG (Study Quasi Eksprimen pada Peserta Didik Kelas IV Semester Ganjil di Madrasah Ibtidaiyah Campang Jaya Suka Bumi Bandar Lampung) Oleh Adelia Putri Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran Strip Story. Media pembelajaran Strip Story merupakan salah satu tipe media pembelajaran yang menekankan pada adanya aktivitas dan melatih tanggung jawab dalam diri peserta didik dalam proses menghafal menggunakan potongan-potongan surat agar proses pembelajaran mudah di ingat dan menyenangkan tanpa terpaku dengan buku pelajaran dan membantu dalam memudahkan pemahaman kandungan surat yang di pelajarai guna mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan media pembelajaran Strip Story terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Campang Jaya Suka Bumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Study Quasi Eksprimen , pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Campang Jaya Suka Bumi Bandar Lampung yang berjumlah 55 Peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah IV A sebagai kelas eksprimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa Tes (pretest dan postest)kemudian dianalisis menggunakan SPSs Versi v.20. pengujian Hipotesis terhadap data hasil hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen nendapatkan nilia sig. (2-tailed) = 0,000 sedangkan 0,05 peserta didik (0.00<0,05) maka H_1 di terima yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik menggunakan media Strip Story pada materi Surah Al-Kautsar dan An-nasr untuk kelas Eksperimen. Kata kunci :Media Strip Story, Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits. ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH CAMPANG JAYA SUKA BUMI BANDAR LAMPUNG (Study Quasi Eksprimen pada Peserta Didik Kelas IV Semester Ganjil di Madrasah Ibtidaiyah Campang Jaya Suka Bumi Bandar Lampung) Oleh Adelia Putri Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran Strip Story. Media pembelajaran Strip Story merupakan salah satu tipe media pembelajaran yang menekankan pada adanya aktivitas dan melatih tanggung jawab dalam diri peserta didik dalam proses menghafal menggunakan potongan-potongan surat agar proses pembelajaran mudah di ingat dan menyenangkan tanpa terpaku dengan buku pelajaran dan membantu dalam memudahkan pemahaman kandungan surat yang di pelajarai guna mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan media pembelajaran Strip Story terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Campang Jaya Suka Bumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Study Quasi Eksprimen , pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Campang Jaya Suka Bumi Bandar Lampung yang berjumlah 55 Peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah IV A sebagai kelas eksprimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa Tes (pretest dan postest)kemudian dianalisis menggunakan SPSs Versi v.20. pengujian Hipotesis terhadap data hasil hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen nendapatkan nilia sig. (2-tailed) = 0,000 sedangkan 0,05 peserta didik (0.00<0,05) maka H_1 di terima yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik menggunakan media Strip Story pada materi Surah Al-Kautsar dan An-nasr untuk kelas Eksperimen. Kata kunci :Media Strip Story, Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:37
Last Modified: 15 Nov 2017 08:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item