PENGARUH KINERJA MAQASHID SYARIAH DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2016-2020)

Rizki, Taufikurohman (2022) PENGARUH KINERJA MAQASHID SYARIAH DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIZKI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan iuran wajib pajak yang bersifat memaksa berdasarkan aturan dan tidak mendapatkan timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan Negara. Bagi perusahaan pajak dianggap sebagai beban yang dapat mengurangi laba perusahaan, sehingga perusahaan berupaya untuk meminimalkan beban pajak pada tingkat yang rendah dengan cara melakukan tindakan agresivitas pajak. Sehingga penulis tertarik untuk mengangkat tema tersebut sebagai penelitian dengan melibatkan teori agensi dan teori legitimasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kinerja maqashid syariah dan islamic social reporting terhadap agresivitas pajak dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder berupa annual report perbankan syariah di Indonesia periode 2016 hingga 2020 yang terdafar di OJK. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga didapatkan 45 sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunkan alat bantu SPSS Statistik 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja maqashid syariah tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, sedangkan islamic social reporting berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Hasil analisis Moderated Regression Analiysis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh kinerja maqashid syariah terhadap agresivitas pajak. Namun ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh islamic social reporting terhadap agresivias pajak. Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Islamic Social Reporting, Kinerja Maqashid Syariah,Ukuran perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:52
Last Modified: 30 Nov 2022 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21869

Actions (login required)

View Item View Item