ANALISIS PROGRAM KOMANDO STRATEGI PEMBANGUNAN PETANI (KOSTRATANI ) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK TANI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat)

ANDI, ANDI (2022) ANALISIS PROGRAM KOMANDO STRATEGI PEMBANGUNAN PETANI (KOSTRATANI ) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK TANI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat dominan dalam pendapatan masyarakat di Indonesia. Masalah yang dihadapi petani yaitu lemahnya sikap mental, kurangnya modal dan minimnya sarana pemasaran serta teknologi. Kelurahan Pasar Liwa memiliki potensi pertanian yang baik maka dari itu perlunya program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia salah satunya adalah program Komando Strategi Pembangunan Petani (KOSTRATANI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Komando strategi pembangunan petani dalam meningkatkan pendapatan kelompok tani di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat. dan dilihat dalam persepektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa Program KOSTRATANI di Kelurahan Pasar Liwa telah berjalan dengan baik hal ini ditandai dengan adanya beberapa program yaitu pemberian bantuan alat dan mesin pertanian, program pembiayaan dengan sistem bayar panen dan penyuluhan pertanian. Program KOSTRATANI sudah dapat meningkatkan pendapatan para petani. Program KOSTRATANI dalam meningkatkan pendapatan kelompok tani secara keseluruhan telah sesuai dengan nilai-nilai dasar ekonomi Islam: Pertama, adl, dikarenakan sudah mencakup semua makna keadilan seperti persamaan kompensasi, persamaan hukum, moderat, proposional. Kedua, khalifah, yaitu bertanggung jawab berprilaku ekonomi dengan benar, dan bertanggung jawab mewujudkan maslahah. Ketiga, takaful, yaitu menjamin kepemilikan pengelolaan sumber daya, jaminan menikmati output, jaminan membangun keluarga sakinah dan ma’ruf nahi munkar. Kata Kunci: Kelompok Tani, KOSTRATANI, Nilai-nilai Dasar Ekonomi Islam, Pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:42
Last Modified: 30 Nov 2022 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21866

Actions (login required)

View Item View Item