PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARANAKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG KAB. OKI PALEMBANG

Yusri, Yuvika Amalia (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARANAKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG KAB. OKI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI-YUSRI YUVIKA AMALIA- COVER SAMPAI BAB 2 DAN BAB 5 SAMPAI LAMPIRAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_YUSRI YUVIKA AMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAKPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG KAB. OKI PALEMBANG Oleh Yusri Yuvika Amalia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak pada peserta didik kelas VIII di MTs Islamiyah Bumi Agung Kab. OKI Palembang. Berdasarkan dari hasil pra penelitian yang dilakukan oleh penulis di MTs Islamiyah Bumi Agung pada kelas VIII untuk motivasi belajar dan kemandirian belajar diduga masih tergolong rendah, dengan tingkat presentase yaitu kurang dari 50%. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan kemandirian belajar peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dikelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah tujuh kelas, dengan menggunakan teknik random sampling dimana dalam pengambilan teknik random sampling ini adalah teknik yang dilakukan agar setiap kelompok populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sebagai sampel. Teknik random sampling dilakukan dengan menghitung dengan rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 peserta didik dari populasi berjumlah 233 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefesien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan uji t pada program SPSS versi 25, menunjukkan bahwa hasil uji t terhadap variabel motivasi belajar (X1) secara parsial tidak berpengaruh yang iii signifikan terhadap pelaksanaan pembelajaran, dengan nilai didapatkan thitung < ttabel yaitu 0,613 < 1,69389 dan sig. 0,544 > 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Kemandirian Belajar secara parsial mempunyai hubungan dan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak, dengan nilai didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,661 > 1,69389 dan sig. 0,012 > 0,05, H0 ditolak dan H2 diterima. Dan secara simultan nilai signifikan untuk pengaruh motivasi belajar (X1) dan kemandirian belajar (X2) secara bersama�sama terhadap pelaksanaan pembelajaran (Y) adalah sebesar 0,026. Diketahui nilai Fhitung sebesar 4.101 dan nilai Ftabel 3.29, sehingga nilai Fhitung (4.101) > Ftabel (3.29) dengan nilai signifikan sebesar 0,026 < 0,05 maka, H0 ditolak dan H3 diterima. Dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTs Islamiyah Bumi Agung. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian belajar, Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak. iv ABSTRACT PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAKPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG KAB. OKI PALEMBANG By Yusri Yuvika Amalia This study aims to determine the effect of learning motivation and learning independence on the implementation of moral aqidah learning in class VIII students at MTs Islamiyah Bumi Agung Kab. OKI Palembang. Based on the results of the pre-research conducted by the author at MTs Islamiyah Bumi Agung in class VIII for learning motivation and learning independence, it is suspected that it is still relatively low, with a percentage level of less than 50%. This is motivated by the low motivation and independence of students' learning during the implementation of learning morals in the classroom. This research is a type of quantitative descriptive research. The population in this study were class VIII students, totaling seven classes, using a random sampling technique where the random sampling technique was taken so that each population group had the same opportunity to be used as samples. Random sampling technique is done by calculating the Slovin formula. The sample in this study amounted to 35 students from a population of 233 students. Data collection techniques in this study were in the form of a questionnaire that had been tested for validity and reliability, interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is normality test and heteroscedasticity test, hypothesis testing consisting of multiple linear regression test, t test, f test, and coefficient of determination test. v Based on the results of data analysis with the calculation of the t test in the SPSS version 25 program, it shows that the results of the t test on the learning motivation variable (X1) partially have no significant effect on the implementation of learning, with the value obtained tcount < ttable that is 0.613 < 1.69389 and sig . 0.544 > 0.05, then H0 is accepted and H1 is rejected. Independent Learning partially has a relationship and has an effect on the implementation of moral aqidah learning, with values obtained tcount > ttable, namely 2.661 > 1.69389 and sig. 0.012 > 0.05, H0 is rejected and H2 is accepted. And simultaneously the significant value for the effect of learning motivation (X1) and learning independence (X2) together on the implementation of learning (Y) is 0.026. It is known that the value of Fcount is 4.101 and the value of Ftable is 3.29, so that the value of Fcount (4.101) > Ftable (3.29) with a significant value of 0.026 <0.05, then H0 is rejected and H3 is accepted. It can be concluded that X1 and X2 together have a positive and significant effect on the implementation of moral aqidah learning at MTs Islamiyah Bumi Agung. Keywords: learning motivation, learning independence, implementation of moral aqidah learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:32
Last Modified: 30 Nov 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item