PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT KIMIA FARMA TBK PERIODE 2013-2021

WAHID, NURHASAN (2022) PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT KIMIA FARMA TBK PERIODE 2013-2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  WAHID NURHASAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PT Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Dimana tujuan perusahaan ini adalah untuk menghasilkan laba. Laba merupakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan perusahaan. Peningkatan laba tidak terlepas dari indikator-indikator yang mendukung diantaranya pengeluaran biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, dan volume penjualan yang diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pembentukan laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap laba bersih melalui volume penjualan sebagai variabel intervening. Studi penelitian dilakukan pada PT Kimia Farma Tbk, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dalam bentuk triwulan PT Kimia Farma Tbk dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2021. Sedangkan, sampel dalam penelitian ini adalah biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, laba bersih, dan volume penjualan berjumlah 36 sampel data. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil melalui website resmi PT Kimia Farma Tbk yaitu www.kimiafarma.co.id. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Berdasarkan pengujian data yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan hasil bahwa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, dan volume penjualan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap laba bersih. Variabel biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi berpengaruh positif signifikan terhadap volume penjualan. Variabel volume penjualan mampu memediasi pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih dengan model partial mediation. Variabel volume penjualan mampu memediasi pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih dengan model partial mediation. Variabel volume penjualan mampu memediasi pengaruh biaya distribusi terhadap laba bersih dengan model full mediation dengan objek PT Kimia Farma Tbk. Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Biaya Distribusi, Laba Bersih, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:31
Last Modified: 30 Nov 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21861

Actions (login required)

View Item View Item