PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ DI SMKN 1 LAMPUNG BARAT

LULUK, AYU SAPUTRI (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ DI SMKN 1 LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2 LULUK.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL LULUK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Self control (Pengendalian diri) merupakan kemampuan untuk membimbing tingkah laku sendiri kemampuan untuk menekan implus-implus atau tingkah laku implusif. Kecanduan game online adalah suatu kondisi seseorang yang terikat pada kebiasaan yang terus dikerjakan serta sangat kuat dan tidak bisa berhenti untuk bermain game online, dan perlahan-lahan akan terjadi peningkatan frekuensi, durasi, atau intensitas dalam melakukan hal tersebut, tanpa memperdulikan situasi serta kondisi yang akan terjadi pada diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Self Control terhadap penurunan tingkat kecanduan game online pada peserta didik kelas X TKJ di SMKN 1 Lampung Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Pre-Experimental design dalam bentuk One-Group Pre-test Post-test Design.Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket dan observasi serta dokumentasi. Proses pengambilan sambel pada penelitian ini menggunakan ramdom sampling, dengan populasi yaitu peserta didik kelas X dan sampel sebanyak 8 peserta didik kelas X TKJ yang memiliki permasalahan kecanduan game online. Peserta didik dilakukan pre-test sebelum diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik Self Control guna menurunkan tingkat kecanduan game online peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 85,8 (kategori tinggi). Setelah diberi perlakuan, maka dilakukan post�test, dengan nilai rata-rata 43,2 (kategori rendah). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus Uji Wilcoxon dan didapatkan nilai Zhitung sebesar -2,807dengan Ztabel sebesar 0,2190 serta taraf signifikan 5% dan diketahui Asymp.Sig. (2 tailed) dengan nilai 0,005. Karena 0,03 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Self Control terhadap penurunan tingkat kecanduan game online pada peserta didik kelas X TKJ di SMKN 1 Lampung Barat. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self Control, Pengaruh, Kecanduan Game Online iii ABSTRACT Self control is the ability to guide one's own behavior the ability to suppress impulses or impulsive behavior. Online game addiction is a condition of a person who is bound to a habit that continues to be done and is very strong and cannot stop playing online games, and slowly there will be an increase in the frequency, duration, or intensity of doing so, regardless of the situation and conditions that arise. will happen to yourself. The purpose of this study was to determine the effect of group guidance with self-control techniques on reducing the level of online game addiction in class X TKJ students at SMKN 1 West Lampung. The type of research used in this research is quantitative with Pre-Experimental design in the form of One-Group Pre-test Post-test Design. Data collection techniques used are interviews, questionnaires and observations and documentation. The sampling process in this study used random sampling, with a population of class X students and a sample of 8 students from class X TKJ who had problems with online game addiction. Students were given a pre-test before being given treatment in the form of group guidance with the Self Control technique in order to reduce the level of online game addiction of students with an average value of 85.8 (high category). After being treated, a post-test was conducted, with an average value of 43.2 (low category). Hypothesis testing in this study using the Wilcoxon test formula and obtained a Zcount value of -2.807 with Ztable of 0.2190 and a significant level of 5% and it is known that Asymp.Sig. (2 tailed) with a value of 0.005. Because 0.03 < 0.05, it can be concluded that H1 is accepted. Thus it can be stated that there is an effect of group guidance with self-control techniques on decreasing the level of online game addiction in class X TKJ students at SMKN 1 West Lampung Keywords: Group Guidance, Self Control, Influence, Online Game Addiction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:29
Last Modified: 30 Nov 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item View Item