PENGARUH ETOS KERJA DAN GAYA HIDUP TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN NELAYAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat)

Z I L Y A N, Z I L Y A N (2022) PENGARUH ETOS KERJA DAN GAYA HIDUP TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN NELAYAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Z I L Y A N.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nelayan merupakan salah satu bagian dari anggota masyarakat yang mempunyai tingkat kesejahteraan paling rendah. Etos kerja merupakan faktor penting dalam memicu dan mendorong aktivitas ekonomi masyarakat nelayan di Bengkunat. Kemudian faktor gaya hidup dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan nelayan, karena pada prinsipnya masyarakat nelayan yang tingkat penghasilannya tinggi dan kondisi perairan tempat mereka melakukan kegiatan penangkapan memiliki potensi sumber daya perikanan cukup besar akan cenderung bergaya hidup boros. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris, pengaruh etos kerja dan gaya hidup terhadap tingkat kesejahteraan nelayan di Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 42 nelayan di Desa Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa etos kerja dan gaya hidup secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan nelayan di Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat. Selanjutnya dalam islam diajarkan bahwa pentingnya etos kerja untuk bekerja keras dan tidak menjadi pemalas, lemah,apalagi menjadi peminta-minta. Kemudian Allah SWT memerintahkan manusia agar memenuhi kebutuhannya secara sederhana. Kata kunci: Kesejahteraan, Etos Kerja, Gaya Hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:26
Last Modified: 30 Nov 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item View Item