STRATEGI PEMBANGUNAN DESA WISATAGUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIANMASYARAKAT SEKITAR DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Wisata Perengan Anteng Desa Karang Anyar, Jati Agung, Lampung Selatan)

Risa, Anggraini (2022) STRATEGI PEMBANGUNAN DESA WISATAGUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIANMASYARAKAT SEKITAR DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Wisata Perengan Anteng Desa Karang Anyar, Jati Agung, Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISA ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Desa Wisata adalah suatu betuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yangberlaku. Dengan adanya pembangunan desa wisata diharapkan dapat memberikan peningkatan perekonomian masyarakat, khusunya masyarakat disekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan untuk pembangunan desa wisata serta dampak dari pembangunan tersebut menurut ekonomi islam. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendakdicapai yaitu untuk mengetahui strategi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa serta dampaknya terhadap perekonomian masyarakat ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuaitatif. Sumber data yang didapatkan melalui data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemerintah desa Karang Anyar, pengelola wisata Perengan Anteng, manajer wisata Perengan Anteng, masyarakat dan pedagang sekitar wisata Perengan Anteng. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahapan analisis SWOT, lalu pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas dan dependabilitas. . Berdasarkan hasil tersebut diagram analisis SWOT wisata Perengan Anteng berada di posisi kuadran III yaitu strategi WT (weakness dan threats), dengan titik koordinat -0,02 dan -0,29 yakni mengarah pada strategi guirelle. Dalam pandangan islam, “Hukum asal dari aktifitas (yang bersifat) mu’amalah adalah mubah (boleh) sampai ada dalil yang mengharamkannya”. Aspek yang penting diperhatikan dalam pengelolaannya adalah kehidupan masyarakat yang bermukim di sekitaran lokasi wisata tersebut. Kata kunci : Strategi, Desa Wisata, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:16
Last Modified: 30 Nov 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21851

Actions (login required)

View Item View Item