UPAYA GURU DALAM MEMNGEMBANGKAN KETERAMPILAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK ASSALAM 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Yuhesti, Y (2017) UPAYA GURU DALAM MEMNGEMBANGKAN KETERAMPILAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK ASSALAM 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Yuhesti.pdf]
Preview
PDF
Download (72MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kognitif anak melalui pembelajaran sains merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan agar anak dapat mengenal dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar sehingga menyadari bahwa kebesaran dan keagungan Allah Maha Esa. Pentingnya sains harus ditanamkan sejak usia dini, agar menumbuhkan minat pada anak untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian lingkungan sekitarnya. Disinilah peran seorang guru berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan keterampilan sains sejak usia dini yang disesuaikan dengan karakteristik anak, seperti melalui penggunaan metode eksperimen sebagai salah satu metode yang disukai anak-anak apabila diterapkan dengan baik. Rumusan masalah yaitu”Bagaimanakah mengembangkan keterampilan sains anak melalui metode eksperimen Kelompok B1 di TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah mengembangkan keterampilan sains anak kelompok B2 melalui metode eksperimen diTK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif dengan jumlah subyek sebanyak 20 anak di kelas B2, sedangkan objek penelitiannya adalah mengembangkan keterampilan sains melalui metode eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan menganalisis data melalui tahapan reduksi data,display data, dan verifikasi data Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data hasil yang penulis lakukan maka dapat diketahui perkembangan sains anak peserta didik kelas B2 di TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung sudah berkembang dengan baik dengan adanya metode eksperimen.Indikator yang diteliti meliputi: 1.Menujukan aktivitas anak yang bersifat eksploratif dan menyelidik, 2. Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya, dan 3. Mampu memberikan pemecahan masalah sederhana terhadap masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 15 Nov 2017 07:05
Last Modified: 15 Nov 2017 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item View Item