PERAN ORGANISASI KEAGAMAAN DALAM MENJAGA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi Pada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu)

Ilham, Fatulloh (2022) PERAN ORGANISASI KEAGAMAAN DALAM MENJAGA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi Pada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM FATULLOH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada era kontemporer seperti sekarang organisasi keagamaan menjadi problematika hangat didalam masyarakat. Akhir-akhir terdapat Organisasi kegamaan yang dilabuhi oleh ideologi atau pemahaman yang kurang tepat. Seperti pemahaman keagamaan yang dangkal atau radikal, sehingga timbul fanatisme, kebencian antar agama, pelecehan antar agama, intoleransi hingga ke tataran aksi yaitu terorisme. Maka dalam hal ini perlu tawaran adanya peran organisasi keagamaan dalam menjaga umat di masyarakat supaya terhindar dari hal tersebut. Nahdlatul Ulama atau NU memiliki andil dalam menangani masalah itu. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana peran PCNU Kabupaten Pringsewu dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Penelitian ini masuk dalam kategori fild research atau penelitian lapangan. Karena pada dasarnya penelitian lapangan menggunakan metode reduksi data, display data, verivikasi data dan penarikan kesimpulan induktif sebagai penganalisa data lapangan. Selanjutnya metode atau teknik dalam pengambilan data ini adalah dengan wawancara tokoh, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa peran yang dilakukan PCNU Kabupaten Pringsewu dalam menjaga kerukunan antar umat beragama adalah sinergi dengan pemerintah, menjamin kebebasan beragama, moderat dalam beragama (wasathiyah), membangun dialog dengan antar pemeluk agama. faktor pendukung dalam menangani itu adalah sikap optimis antar pemeluk membangun kerukunan, menjunjung sifat toleransi antar umat beragama dan meyakini adanya perbedaan. Faktor penghambatnya adalah sikap inklusif pemeluk agama, adanya kepentingan politik, adanya akar penodaan agama yang tambah isu provokatif. Kata Kunci: Peran , Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Kerukunan Umat Beragama

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:05
Last Modified: 29 Nov 2022 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21840

Actions (login required)

View Item View Item