EKSISTENSI KEPERCAYAAN ALIRAN KEBATINAN PERJALANAN DI INDONESIA (Studi Atas Komunitas Aliran Kebatinan Perjalanan di Kota Bekasi)

ARNANDA, YUSTAMI (2022) EKSISTENSI KEPERCAYAAN ALIRAN KEBATINAN PERJALANAN DI INDONESIA (Studi Atas Komunitas Aliran Kebatinan Perjalanan di Kota Bekasi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aliran kebatinan merupakan aliran kerohanian yang berbeda dengan dengan agama, dan mereka juga merupakan subkultur dari bagian masyarakat. Eksistensi mereka timbul pada komunitas mayoritas seperti agama Islam di Indonesia., salah satunya Aliran Kebatinan Perjalanan (AKP) yang berada di kota Bekasi. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah: Bagaimana eksistensi kelompok Aliran Kebatinan Perjalanan di Kota Bekasi? Bagaimana cara mereka mempertahankan eksistensi tersebut di tengah kaum mayoritas di kota Bekasi? Tujuannya untuk mengetahui eksistensi dan cara mempertahankan keberadaan di tengah mayoritas di kota Bekasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: pendekatan fenomenologi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis untuk mengungkapkan fakta religious sub-culture terkait eksistensi dan cara mempertahan aliran Aliran Kebatinan Perjalanan (AKP) di kota Bekasi. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukan sebagaimana dalam teori religious-subculture terdapat beberapa fenomena eksistensi Aliran Kebatinan Perjalanan di kota Bekasi: Pertama, bentuk ritual mereka yang berbeda dengan agama-agama besar yang ada di Indonesia, mereka bukan muslim atau pun Hindu dan memiliki ciri khasnya sendiri. Kedua, cara mempertahankan eksistesinya seperti keterkaitan politik dari pendirinya dalam menyebarkan pahamnya pada masyarakat sekitarnya, dan pada perkembangannya mereka bertahan dengan cara berlindung dibawah naungan negara, serta mereka ikut serta dalam membangun toleransi yang merupakan bagian dari FKUB kota Bekasi. Untuk itulah mereka bertoleransi agar tetap bereksistensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:00
Last Modified: 29 Nov 2022 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21839

Actions (login required)

View Item View Item