PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 1 NATAR LAMPUNG SELATAN

Eva, Panca Lestari (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 1 NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Eva Panca Lestari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaterbelakangi oleh adanya permasalahan motivasi belajar peserta didik di sekolah yang rendah, yang mana terdapat pada peserta didik kelas IX E SMP N 1 Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik token economy terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IX E SMP N 1 Natar Lampung Selatan tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental dengan jenis one-group pretest and post-test design. Variable dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik token economy, serta variable terikat yaitu motivasi belajar peserta didik, subjek penelitian berjumlah 32 peserta didik kelas IX E SMP N 1 Natar Lampung Selatan dengan sampel sebanyak 8 peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok dengan teknik token economy dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX E, hal ini ditunjukkan dari skor pretest sebesar 48,87 menjadi 126,37 dari hasil posttest dan analisis data menggunakan uji wilxocon signed rank test dengan taraf signifikan 0,05 (5%), diperoleh nilai Z sebesar -2.524 dan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,012. Artinya nilai 0,012 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian peneliti menyimpulkan berdasarkan hipotesis, bahwa Terdapat Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Token Economy Unntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX E SMP N 1 Natar Lampung Selatan tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Token Economy, Motivasi Belajar II ABSTRACT This research is motivated by the existence of problems of learning motivation of students in low schools, which are found in students of class IX E SMP N 1 Natar South Lampung. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of group counseling services with token economy techniques to increase the learning motivation of class IX E students of SMP N 1 Natar South Lampung in the 2022/2023 academic year. The research method used is quantitative with a pre-experimental research design with a one�group pretest and post-test design. The variables in this study consisted of independent variables, namely the influence of group counseling services with token economy techniques, as well as the dependent variable, namely the learning motivation of students, the research population was 32 students of class IX E SMP N 1 Natar South Lampung with a sample of 8 students who had low learning motivation by using purposive sampling technique. The data of this study were obtained by using a learning motivation questionnaire method. The results showed that group counseling services using the token economy technique can increase the learning motivation of class IX E students, this is shown from the pretest score of 48.87 to 126.37 from the posttest results and data analysis using the Wilxocon signed rank test with a significant level of = 0.05 (5%), the Z value is -2.524 and Asymp. Sig (2-tailed) of 0.012. This means that the value of 0.012 is smaller than the significant level of 0.05 (5%), then H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, the researcher concludes based on the hypothesis, that there is an effect of group counseling services using the token economy technique to increase the learning motivation of students in class IX E SMP N 1 Natar South Lampung in the academic year 2022/2023. Keywords: Group Counseling, Token Economy Technique, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 07:42
Last Modified: 29 Nov 2022 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21836

Actions (login required)

View Item View Item