ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Bubur Ayam Tasik di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung)

Mery, Dayanti (2022) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Bubur Ayam Tasik di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I II V.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Mery Dayanti_Full CD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan usaha di bidang kuliner semakin pesat dan persaingan yang semakin ketat mendorong pelaku usaha untuk menggunakan strategi bauran pemasaran dimana di dalam menyusun strategi perlu memperhatikan kondisi dan perubahan lingkungan agar dapat menghantarkan perusahaan dalam mencapai tujuan yang optimal sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan. Salah satu nya adalah Bubur Ayam Tasik dalam menghadapi persaingan yang menyebabkan jumlah penjualan menurun sehingga pentingnya menerapkan strategi bauran pemasaran untuk keberlangsungan suatu usaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan kesejahteraan pada UMKM Bubur Ayam Tasik di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung, bagaimana analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan kesejahteraan pada UMKM Bubur Ayam Tasik di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah strategi bauran pemasaran yang dilakukan Bubur Ayam Tasik yaitu dari segi produk berupa bubur ayam tasik, mie pangsit, pangsit rebus, bakso, soto ayam, es jeruk, es teh, cappucino cincau,coklat cincau, matcha cincau dan lain�lain. Segi harga yang diberikan bervariatif masing-masing produk memiliki harga yang berbeda-beda. Segi tempat atau saluran distribusi dilakukan dengan cara memasarkan produknya melalui aplikasi jasa pemesanan online berupa go food, grab food, shopee food. Segi promosi yaitu menggunakan online marketing melalui whatsapp, instagram, go food, grab food, dan shopee food. kesejahteraan dapat dilihat dari pendapatan, perumahan dan permukiman, pendidikan dan kesehatan. Menurut perspektif ekonomi Islam sudah sesuai dalam pemasaran Islam yaitu dari segi produk aman dan halal untuk dikonsumsi, segi harga berlaku adil tidak curang, segi tempat memberikan tempat yang nyaman untuk para konsumen dan lancarnya jalur distribusi segi promosi yaitu bersikap terbuka apa adanya terkait kualitas dari produknya. Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran, Kesejahteraan iii ABSTRACT The development of business in the culinary field is getting faster and the competition is getting tougher, encouraging business actors to use a marketing mix strategy where in formulating a strategy it is necessary to pay attention to environmental conditions and changes in order to lead the company to achieve optimal goals in accordance with what is expected by the company. One of them is Bubur Ayam Tasik in the face of competition which causes the number of sales to decrease so it is important to implement a marketing mix strategy for the sustainability of a business. The formulation of the problem in this study is how to analyze the marketing mix strategy in improving welfare of the UMKM Bubur Ayam Tasik in Sukarame District, Bandar Lampung City, how to analyze the marketing mix strategy in improving welfare of the UMKM Bubur Ayam Tasik in Sukarame District, Bandar Lampung City according to the perspective of Islamic economics. This study uses descriptive qualitative research methods, data collection method sourced from observation, interviews, and documentation. The results of this study are the marketing mix strategy carried out by Bubur Ayam Tasik, namely in terms of products in the form of chicken porridge, wonton noodles, boiled dumplings, meatballs, chicken soup, orange ice, ice tea, grass jelly cappuccino, chocolate grass jelly, matcha grass jelly and others. In terms of the price given varies, each product has a different price. In terms of places or distribution channels, it is done by marketing it is products through online ordering service appllications in the form of go food grab food shopee food . In terms of promotion, namely using online marketing through whatsapp, instagram, go food, grab food, and shopee food. Welfare can be seen from indicators, namely income, housing and settlements, education and health. According to the Islamic economic perspective, it is appropriate in Islamic marketing, namely in terms of safe and halal products for consumption, in terms of fair prices,not cheating, in terms of place providing a comfortable place for consumers and smooth distribution channels in terms of promotion, namely being open as is related to the quality of the product. Keywords : Marketing Mix Strategy, Welfare

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:24
Last Modified: 29 Nov 2022 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item