HUBUNGAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

FITRI, BUNAYYAH (2022) HUBUNGAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRI BUNAYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang muncul dari dalam diri maupun luar diri peserta didik yang mampu menumbuhkan keinginan dan semangat belajar sehingga mencapai tujuan yang baik. Minat belajar merupakan rasa keinginan atau ketertarikan yang dimiliki peserta didik tanpa paksaan dari siapa pun sehingga menimbulkan pengetahuan atau keterampilan belajar. Pemecahan masalah matematis merupakan proses dimana seseorang dihadapkan pada konsep matematika, keterampilan, dan proses untuk memecahkan masalah matematika. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan peserta didik yang telah mengalami proses kegiatan belajar sehingga orang dapat mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik melalui pemecahan masalah secara langsung maupun tidak langsung. Pada penelitian ini analisis data menggunakan analisis jalur (Analysis Path) dengan pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan metode stratified random sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 3 Kotabumi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA-VIIIB SMP Negeri 3 Kotabumi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 4 kelas dengan materi penyajian data. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket motivasi dan minat belajar, serta tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar terhadap pemecahan masalah, (2) terdapat hubungan signifikan antara minat belajar terhadap pemecahan masalah, (3) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, (4) terdapat hubungan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar, (5) terdapat hubungan signifikan antara pemecahan masalah terhadap hasil belajar, (6) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui pemecahan masalah, (7) terdapat hubungan minat belajar terhadap hasil belajar melalui pemecahan masalah. Kata kunci : Motivasi Belajar, Minat Belajar, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:34
Last Modified: 29 Nov 2022 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21826

Actions (login required)

View Item View Item