PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH PROFESSIONALCS6 MATERI SHALATDHUHA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI

UMI, MUFLIHATUZZULFAIN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH PROFESSIONALCS6 MATERI SHALATDHUHA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of UMI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Adobe Flash Professional CS6 Materi Shalat Dhuha Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV MI Oleh Umi Muflihatuzzulfain Penelitian ini, merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada mata pelajaran Fiqih kelas IV MI pada materi shalat dhuha. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media dan materi, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6. Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model research and development (R&D) yang mengacu pada tahapan Borg and Gall yang kemudian dibatasi menjadi tujuh Langkah dari sepuluh langkah, yang mencakup potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Sebelum media digunakan dilakukannya validasi, validasi yang dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu ahli IT, satu respon pendidik dan peserta didik uji skala kecil dan uji skala besar. Uji skala kecil yang dilakukan di MIN 4 Pringsewu dengan sepuluh peserta didik, dan uji skala besar yang dilakukan di MIN 1 Pringsewu dengan dua puluh dua peserta didik. Berdasarkan tahapan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada muatan pembelajaran Fiqih materi shalat dhuha memperoleh rata-rata ahli materi sebelum revisi mencapai 66,15% dikategorikan “baik”, setelah direvisi mencapai peningkatan dengan rata-rata 87,69% dengan kriteria “sangat baik”. Penilaian oleh ahli media sebelum revisi mencapai 74,67% dikategorikan “baik”, setelah direvisi mencapai peningkatan dengan rata-rata mencapai 94,67% dikategorikan “sangat baik”. Penilaian oleh ahli IT sebelum revisi mencapai 84% dikategorikan “sangat baik”, setelah direvisi mencapai peningkatan dengan rata-rata mencapai 88% dikategorikan “sangat baik”. Adapun penilaian mengenai shalat dhuha sebelum menggunakan dalam uji skala kecil dengan jumlah peserta didik sepuluh mendapat peningkatan mulai 67 menjadi rata-rata 76 dan uji iv skala besar dengan dua puluh dua peserta didik mengalami peningkatan mulai dari rata-rata 68 menjadi 74. Maka dapat dikatakan bahwa media dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash Professional CS6, Shalat Dhuha v ABSTRACT Learning Media Development Interactive Based on Application Adobe Flash Professional CS6 Theory Salat Dhuha in Fiqh Subjects Class IV MI By Umi Muflihatuzzulfain Study this , is study learning media development interactive based Adobe Flash Professional CS6 on the eyes lesson Fiqh class IV MI on the material Salat dhuha . study this aim for knowing how level appropriateness of media and materials , for knowing response educators and participants educate after using learning media interactive based Adobe Flash Professional CS6 . Research conducted by the author is study development with using a research and development (R&D) model which refers to the Borg and Gall stages which then restricted Becomes Seven Steps from ten steps , which include potential and problems , data collection , design product , validation design , revision design , trial product , and revision product . Before the media is used did validation , validation performed by one _ expert material , one media expert , one IT expert , one response educators and participants learn scale test small and scale test big . Scale test small thing done at MIN 4 Pringsewu with ten participant educate , and test scale great thing to do at MIN 1 Pringsewu with two twenty two participant educate . Based on steps taken _ so could concluded that learning media interactive based Adobe Flash Professional CS6 on payload learning Fiqh Theory Salat dhuha get expert average Theory before revision reached 66.15% categorized as " good ", after revised reach enhancement with an average of 87.69% with "very good " criteria . Judgment by media expert before revision reached 74.67% categorized as " good ", after revised reach enhancement with an average of 94.67 % categorized as "very good ". Assessment by IT expert before revision reached 84% categorized as “very good ”, after revised reach enhancement with an average of 88 % categorized as "very good ". As for the assessment about Salat dhuha before use in scale test small with amount participant educate ten get enhancement from 67 to mean 76 and scale test big with two twenty two participant educate experience enhancement start from an average of 68 to 74. vi Then could said that the media can increase understanding participant educate . Keywords : Learning Media , Adobe Flash Professional CS6 , Prayer Duha

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:30
Last Modified: 29 Nov 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item View Item