PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 2 WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG

Nurul, Indah Septiani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 2 WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nurul Indah Septiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian di SD Negeri 2 Way Lunik pendidik kurang tepat dapat memilih dan memvariasikan model pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Model pembelajaran ialah suatu jalan atau arah yang akan ditempuh untuk pendidik atau peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi itu disajikan. Model pembelajaran dalam pembelajaran diharapkan dapat menghasilkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik melalui intregasi pengetahuan, konsep, dan keterampilan secara sistematis. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flash card terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi berjumlah 64 peserta didik yang berasal dari kelas IV A berjumlah 32 peserta didik dan IV B berjumlah 32 peserta didik. Sampel berjumlah 64 peserta didik yang berasal dari kelas IV A dan IV B. dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas experiment menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flash card dan kelas IV B sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda multiple choice dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian instrument tes diuji coba di kelas IV C dan dihitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecohan. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prsyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis pengolahan data nilai menggunakan uji hipotesis di peroleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria uji 0,05, sehingga dapat disimpulkan ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantu media flash card dengan hasil belajar peserta didik menggunkan model ekspositori. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Media Flash Card, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:21
Last Modified: 29 Nov 2022 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21817

Actions (login required)

View Item View Item