PENGARUH AKUNTABILITAS DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang)

ALNI, JENIHA (2022) PENGARUH AKUNTABILITAS DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1&5+dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ALNI JENIHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan keuangan yang baik harus mampu menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan mampu menerapkan prinsip akuntabilitas karena akuntabilitas merupakan kewajiban pemegang amanah (agent) untuk memberikan pertanggungjawaban, menyajikan, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya kepada pemberi amanah (principal) yang memiliki hak untuk meminta pertanggungjawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akuntabilitas dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Dana Desa dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini dilakukan di desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat pada lingkungan desa Gunung Meraksa Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sampel dalam penelitian ini didapat dari tabel steven Isaac & wiliam dimana untuk populasi 1.086 bisa diambil sampel sebanyak 258 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Akuntabilitas dan Partisipasi Masyarakat berpengaruh signifikan terhadap Pengelolaan Dana Desa secara parsial, dan secara simultan Akuntabilitas dan Partisipasi Masyarakat berpengaruh signifikan terhadap Pengelolaan Dana Desa Di desa Gunung Meraksa Baru. Artinya semakin baik Akuntabilitas dan Partisipasi Masyarakat yang diberikan maka akan memberikan peningkatan dalam pengelolaan dana desa. Akuntabilitas dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Dana Desa dalam perspektif ekonomi islam didesa Gunung Meraksa Baru telah melakukan proses pertanggungjawaban dengan relevan dan dalam menjalankan tugas sudah menerapkan prinsip Akuntabilitas dan Partisipasi Masyarakat dalam islam yaitu dengan adanya pemimpin yang mengelola dana desa secara shidiq, amanah, fathanah dan tabliqh maka penggunaan dana desa akan semakin efektif. Kata kunci: Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Dana Desa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:00
Last Modified: 28 Nov 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item