PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENJAGA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Tokoh Agama Di Kec. Panjang Kota Bandar Lampung)

PRIMA, AKBAR NUR MAULID (2022) PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENJAGA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Tokoh Agama Di Kec. Panjang Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memfokuskan pada upaya memotret peran tokoh agama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Alasan penelitian ini adalah upaya pencegahan adanya kekhawatiran terjadinya konflik agama dalam skripsi ini karena adanya kekhawatiran terjadinya suatu konflik antar agama di Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Dari latar belakang masalah peneliti merumuskan masalah yaitu, bagaimana peran tokoh agama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dan bagaimana faktor pendukung serta penghambat para tokoh agama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan penelitian lapangan (Field Research), menggunakan metode pendekatan analisis deskriptif yang menggambarkan secara rinci dan sistematis mengenai peran tokoh agama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Kecamata Panjang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologi dan Sosiologi. Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan wawancara terhadap tokoh agama dan sumber data sekunder seperti menggunakan buku-buku, jurnal, skripsi, dan sumber�sumber yang relevan berkaitan dalam penelitia ini. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data diawali dengan observasi, wawancara, dan diakhir dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran tokoh agama berperan penting dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Kecamatan Panjang, terdapat 6 tokoh dari masing-masing agama yang melakukan tugasnya sebagai tokoh agama serta menjalankan perannya dengan melaksanakan visi dan misi sesama tokoh agama. Kegiatan para tokoh agama terdapat kegiatan yang berlangsung dengan umatnya (internal) dan kegiatan yang berlangsung bersama masyarakat sekitar (eksternal). Sedangkan faktor pendukung yang dapat melancarkan kegiatan kerukuan antar umat beragama yaitu, masyarakat panjang yang toleransi serta kondusif, terdapat kampung kerukunan, kampung pancasila, memiliki visi misi yang sama, terdapat monument tugu kerukunan antar umat beragama dan tokoh agama saling mendukung. Faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, mengandalkan ego, perlu kajian pemahaman yang mendalam, kurangnya pengetahuan, dan waktu berkumpul antar tokoh. Kata Kunci: Kerukunan, Tokoh Agama, Peran, Kegiatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:49
Last Modified: 28 Nov 2022 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item View Item