STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA BISNIS PERHOTELAN BERBASIS SYARI’AH DI G HOTEL SYARI’AH KOTA BANDAR LAMPUNG (Analisis Strategi Public Relations Menurut Cutlip)

NOVITA, DEVI (2022) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA BISNIS PERHOTELAN BERBASIS SYARI’AH DI G HOTEL SYARI’AH KOTA BANDAR LAMPUNG (Analisis Strategi Public Relations Menurut Cutlip). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi Public Relations di G Hotel Syari’ah Bandar Lampung apakah sudah menerapkan strategi Public Relations menurut Cutlip atau belum serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara (interview) dan observasi (pengamatan). Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai humas (Public Relations G Hotel Syari’ah Bandar Lampung) dan peneliti juga melakukan wawancara dengan beberapa pengunjung hotel (konsumen). Sedangkan data sekunder berupa studi pustaka yang berasal dari buku, penelitian lapangan, maupun dokumen-dokumen atau arsip yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Public Relations yang dilakukan di G Hotel Syari’ah Bandar Lampung sudah menggunakan strategi Public Relations menurut Cutlip yaitu pertama mengadakan penyelidikan / pemantauan sebelum adanya program yang diinginkan lalu setelah itu membuat suatu perencanaan program. Setelah itu baru diadakannya program tindakan dan komunikasi sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Strategi Public Relations dalam meningkatkan minat konsumen di G Hotel Syari’ah Bandar Lampung yaitu dengan cara membina hubungan dengan masyarakat atau tamu, memasang baliho atau banner G Hotel Syariah di protocol jalan agar dilihat oleh masyarakat, mengadakan promo, dan tidak lupa bekerja sama dengan perusahaan jasa travel online (Traveloka, pegipegi.com dan tiket.com) agar mempermudah para konsumen yang ingin praktis memesan penginapan di G Hotel Syari’ah Bandar Lampung. Selain itu juga adanya komunikasi antar pegawai atau karyawan untuk mencegah terjadinya miss-komunikasi. Faktor pendukung dalam aktivitas Public Relations Manager meliputi fasilitas promosi yang digunakan, pelayanan, event / program khusus, dan penyampaian pesan. Faktor penghambat dalam kegiatan Public Relations yaitu kebijakan perusahaan dan kurangnya skill. Kata Kunci : Strategi Public Relations, G Hotel Syari’ah, Minat Konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:34
Last Modified: 28 Nov 2022 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item