PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN 1 TANGGAMUS

LUDIA, ANGGUN ISNAINI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN 1 TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUDIA ANGGUN ISNAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN 1 TANGGAMUS Oleh Ludia Anggun Isnaini Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik di MAN 1 Tanggamus yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi pencemaran lingkungan di MAN 1 Tanggamus. Inti dari model Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja projek. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X MIA di MAN 1 Tanggamus. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group . Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay (Pretest dan Posttest). Teknik analisis data meliputi uji Normalitas, uji Homogenitas, uji N�Gain dan uji Independent sampel T-test. Berdasarkan hasil uji normalitas, hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikansi di atas 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikansi di atas 0,05 maka bersifat homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t di dapat nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 maka diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi pencemaran lingkungan di MAN 1 Tanggamus. Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Berbasis STEM, Kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:16
Last Modified: 28 Nov 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item