PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MELALUI INTEGRASI PENDEKATAN STEAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL DALAM MATERI VIRUS

ANISA, FEBRIANTI FADILLAH (2022) PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MELALUI INTEGRASI PENDEKATAN STEAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL DALAM MATERI VIRUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANISA FEBRIANTI FADILLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan berpikir kritis dan kreatif termasuk dalam dua dari empat jenis soft skill pada pembelajaran abad ke-21, peserta didik dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah sendiri atau berkolaborasi dan memerlukan pemikiran kritis untuk menganalisis masalah yang dihadapi serta kreatif untuk menghasilkan ide-ide baru dalam penyelesaiannya. Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik disebabkan karena kurangnya model atau pendekatan pembelajaran yang memberdayakan keterampilan tersebut, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan keterampilan berpikir kritis dan kreatif melalui integrasi pendekatan STEAM dengan model pembelajaran PjBL dalam materi virus, yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Adiluwih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode Quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Adiluwih sebanyak 100 peserta didik yang dibagi menjadi 4 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) serta kelas X MIPA 2 (kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan integrasi pendekatan STEAM dengan model pembelajaran PjBL dan kelas kontrol menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan inquiry learning. Uji analisis yang digunakan adalah manova (multivariate analisys of variance) dengan taraf signifikansi 5% dan hasil dapat dilihat melalui nilai Wilk‟s Lambda. Nilai F = 7.124 dengan nilai signifikasi atau (0.002)  0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, jika H0 ditolak maka H1 diterima sehingga kesimpulannya terjadi pemberdayaan keterampilan berpikir kritis dan kreatif kepada peserta didik yang dibelajarkan dengan integrasi STEAM dengan PjBL dalam materi virus. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis dan kreatif, STEAM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:40
Last Modified: 28 Nov 2022 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item View Item