EKPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR RENDAH PADA PESERTA DIDIK DI SMK N 1 KAUR PROVINSI BENGKULU

SUKMA, NURJANA (2022) EKPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR RENDAH PADA PESERTA DIDIK DI SMK N 1 KAUR PROVINSI BENGKULU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi merupakan dorongan yang muncul didalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. Motivasi belajar sangat dibutuhkan oleh peserta didik didalam proses pembelajaran dimana proses pembelajaran akan berhasil ketika pesertadidik memiliki motivasi dalam belajar, seperti yang dialami oleh peserta didik di SMK N 1 Kaur Provinsi BengkuluPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis konseling individu dengan teknik self manajement terhadap motivasi belajar peserta didik di SMK N 1 Kaur Provinsi Bengkulu. penelitian ini merupakan penelitian Singel Subject Research (SSR) dengan menggunakan 1 Subjek dengan desain A-B-A, yang dimana proses penelitian ini berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama penelitian melakukan Baseline A1, kemudian peneliti memberikan perlakuan (Treatment) atau Intervensi (B), dan tahap terahir yaitu Baseline A2, metode pengumpulan data yang digunakan dalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik, pada fase baseline 1 peserta perilaku motivasi mengalami penurunan, berikutnya pada pada fase intervensi (B), setelah diberikannya perlakuan dengan tahapan-tahapan self manajement yang menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar pada peserta didik. Kemudian dilakukan pengamatan kembali pada fase baseline 2 tanpa diberikannya intervensi dan menunjukan peningkatan yang stabil atau membaik. Dengan persentase overlape sebesar 0%, sesuai dengan kriteria overlape dimana semakinkecil hasil overlape maka semakin baik pengaruh yang diberikan intervensi kepada peserta didik. Dan dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar pada peserta didik di SMK N 1 Kaur provinsi Bengkulu terdapat peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan konseling individu dengan teknik self management. Kata Kunci : Konseling Individu, Self Management, Motivasi Belajar Peserta Didik iii ABSTRACT Motivation is an impulse that arises in a person to do something with a specific goal. Learning motivation is needed by students in the learning process where the learning process will be successful when participants have the motivation to learn, as experienced by students at SMK N 1 Kaur Bengkulu province this study aims to analyze individual counseling with self-management techniques for student learning motivation at SMK N 1 Kaur Bengkulu province. this study is a Single subject Research (SSR) using 1 subject with A-B-A design, which is where the research process takes place with the first 3 stages of the researcher doing Baseline A1, then the researcher provides treatment (Treatment) or intervention (B) and the last stage is baseline A2, data collection methods used by observation, interviews and documentation. The results showed an increase in students 'learning motivation, in the baseline Phase 1 participants' motivational behavior decreased, then in the intervention phase (B), after treatment with the stages of self-management which showed an increase in learning motivation in students. Then the observation was carried out again in the baseline Phase 2 without intervention and showed a steady improvement or improvement. With the percentage of overlape of 0%, in accordance with the criteria of overlape where the smaller the results of overlape, the better the effect of intervention to students. And it can be stated that the motivation to learn in students at SMK N 1 Kaur Bengkulu province there is an increase in motivation to learn by using individual counseling with self management techniques. Keywords: Individual Counseling, Self Management, Student Motivatio

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:29
Last Modified: 25 Nov 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item