PERBANDINGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKANNYA PEMBELAJARAN DARING ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA PGMI UIN RADEN INTAN LAMPUNG ANGKATAN 2018 )

Dewi, Septiani (2022) PERBANDINGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKANNYA PEMBELAJARAN DARING ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA PGMI UIN RADEN INTAN LAMPUNG ANGKATAN 2018 ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Dewi Septiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak kesesuaiannya hasil penelitian Kinanti Geministiti Hilmiatussadiah yang berjudul “ Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 “ yang menunjukan adanya kenaikan IPK semester genap yang diperoleh mahasiswa dibandingkan dengan IPK semester ganjil sebelum terjadinya pandemi, hal ini tidak sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di UIN Raden Intan Lampung bahwa terdapatnya penurunan IPK pada saat terjadinya pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi PGMI angkatan 2018 sebelum dan sesudah diterapkanya pembelajaran daring. Variabel operasional dalam penelitian ini adalah indeks prestasi mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Pendekatan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Komparatif dan metode pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Penelitian ini memiliki populasi sebesar 322 mahasiswa, sehingga sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan eror tolerance sebesar 15% sehingga sampelnya berjumlah 40 mahasiswa. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Indeks Prestasi (IP) mahasiswa Prodi PGMI angkatan 2018 sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran daring. Hasil belajar dilihat dari Indeks Prestasi mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran daring, yaitu terdapat 33 mahasiswa yang mengalami penurunan hasil belajar, 4 mahasiswa yang mengalami kenaikan dan 3 orang mengalami Indeks Prestasi yang tetap yaitu tidak naik dan tidak menurun, Penurunan hasil belajar mahasiswa disebabkan oleh mahasiswa yang belum mampu menyesuaikan dengan proses pembelajaran yang ada, karena pembelajaran daring merupakan hal yang baru dilalukan dalam proses pembelajaran yang ada di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, selain itu dalam proses belajar sangat bergantung dengan jaringan internet yang ada, apabila jaringan internet putus-putus akan menggangu proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Kata Kunci : Indeks Prestasi Mahasiswa, Pembelajaran Daring. iii ABSTRACT This research was motivated by the incompatibility of the results of Kinanti Geministiti Hilmiatussadiah's research entitled "Student Learning Outcomes of Economics Education With Online Learning During the Covid 19 Pandemic" which showed an increase in the even semester GPA obtained by students compared to the odd semester GPA before the pandemic. not in accordance with the results of research conducted by researchers at UIN Raden Intan Lampung that there was a decrease in GPA during the pandemic. This study aims to determine the difference in the Grade Point of the 2018 PGMI Study Program students before and after the implementation of Online Learning. The operational variable in this study was the student Grade Point before and after the implementation of Online Learning. This type of research was quantitative research. The approach in this research is comparative method and the sampling method is using purposive sampling. This study had a population of 322 students, so the sample of this study used the Slovin formula with an error tolerance of 15% so that the sample consisted of 40 students. The method of analysis in this study used the Wilcoxon test. The analytical tool used in this study is the SPSS 25 program. Based on the results of the hypothesis test in this study, it shows that there are differences in the Grade Point (GP) of the 2018 PGMI Study Program students before and after the implementation of online learning. Learning outcomes are seen from the Student Grade Point before and after online learning, namely there are 33 students who experience a decrease in learning outcomes, 4 students who experience an increase and 3 students experience a fixed Grade Point before that does not increase and do not decrease, The decline in student learning outcomes is caused by students who have not been able to adapt to the existing learning process, because learning is a new thing in the learning process at Raden Intan Lampung State Islamic University, besides that in the learning process it is very rely to the existing internet network, if the internet is intermittent it will interfere with the process ongoing learning. Keywords: Student Grade Point, Online Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:30
Last Modified: 25 Nov 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item View Item