PENGARUH MODEL SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) BERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 BANJIT

Noviani, Fauzan (2022) PENGARUH MODEL SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) BERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 BANJIT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI Noviani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STS berbantu media animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas X SMA Negeri 1 Banjit. Metode penelitian Quasi Experimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design, Populasi dalam penelitian seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Banjit dengan teknik cluster random sampling dan sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dua kali yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kesamaan parametik Independent Sample T-test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji kolomogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas menggunakan levene statistic dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa sig (2-tailed) pada hasil kemampuan pemecahan masalah memiliki nilai 0,00 < α 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh model STS (Science Technology Society) berbantu media animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi biologi kelas X SMA Negeri 1 Banjit. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Media Animasi, Model Science Technology Society. iv ABSTRACT This study aims to determine the effect of the STS learning model assisted by animation media on the problem-solving ability of class X SMA Negeri 1 Banjit. Quasi experimental research method with the research design used is nonequivalent control group design. The population in the study was all students of class X SMA Negeri 1 Banjit with cluster random sampling technique and the research sample consisted of two classes, namely class X IPA 2 as the experimental class and X IPA 1 as a control class. The data was collected twice, namely the pretest and posttest using research instruments in the form of problem-solving ability test questions that have been tested for validity, reliability, level of difficulty and discriminating power. The data analysis technique in this study used the Independent Sample T-test parametric similarity test to answer the hypothesis. The normality test was carried out using the Kolomogorov Smirnov test to determine whether the data were normally distributed or not. Then the homogeneity test using Levene statistics was carried out to determine whether the data was homogeneous or not. The results of the t-test calculation with a significance level of 5% showed that the sig (2-tailed) on the results of problem-solving ability had a value of 0.00 < 0.05. Then H0 is rejected and H1 is accepted. So that this research can be concluded that: There is an effect of the STS (Science Technology Society) model assisted by animation media on the problem-solving abilities of students in class X biology material at SMA Negeri 1 Banjit. Keywords: Problem Solving Ability, Animation Media, Model Science Technology Society.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:01
Last Modified: 25 Nov 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item View Item