PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY TAHU DI KELURAHAN JAGABAYA 3 KECAMATAN WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG

Setyanik, Erika Wati (2022) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY TAHU DI KELURAHAN JAGABAYA 3 KECAMATAN WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan ekonomi adalah upaya yang merupakan pengerahan sumberdaya untuk mengembangkan potensi ekonomi rakyat untuk meningkatkan produktivitas rakyat sehingga, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam disekitar keberadaan, dapat ditingkatkan produktivitasnya. Pemberdayaan yang dilakukan salah satu kepala kuluarga bernama pak Tikno dalam bentuk kemitraan merupakan program yang sangat baik dilakukan, karena pembedayaan ekonomi adalah hal terpenting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pemberdayaan masyarakat harus melihat pada aspk-aspek sumberdaya potensi yang terdapat pada masyarakat baik potensi sumberdaya Manusia (SDM) maupun sumberdaya alam (SDA). Sumberdaya potensi lokal dapat dikembangkan untuk memberdayakan masyarakat terutama yang terkait dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat, seperti usaha home industry tahu pada masyarakat di Kelurahan Jagabaya 3 Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung. Rumusan masalah Penelitian ini adalah: bagaimana proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry tahu di Kelurahan Jagabaya 3 Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan beberapa penemuan data yang dirumuskan dalam bentuk kata-kata. Penulis mengambil data sampel dengan menggunakan Purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang penulis berikan maka sampel berjumlah 5 orang. Alat yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data adalah hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Pak Tikno melalui usaha home industry tahu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Jagababaya 3 dan membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang tidak memiliki penghasilan tetap. Dengan dibekali pelatihan, pendampingan, dan pembinaaan serta menginisiasi dan memotivasi karyawannya untuk membuat usaha home industry tahu sendiri apabila dirasa sudah cukup mampu untuk membuka usaha home industry tahu sendiri. Dengan demikian ekonomi masyarakat Kelurahan Jagabaya 3 akan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:49
Last Modified: 24 Nov 2022 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item View Item